Sikapi Isu Kelangkaan LPG 3 Kg, Pemkot Kediri Gercep Sidak Beberapa Pangkalan

Sikapi Isu Kelangkaan LPG 3 Kg, Pemkot Kediri Gercep Sidak Beberapa Pangkalan Tim gabungan dari Pemkot Kediri saat sidak di salah satu pangkalan LPG 3 kg. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menyikapi isu yang berkembang di masyarakat terkait kelangkaan gas bersubsidi, Pemkot langsung sigap dengan melakukan sidak ke beberapa pangkalan, Senin (24/7/2023). Sidak dilakukan oleh Tim gabungan dari Disperdagin, Bagian Administrasi Perekonomian, dan Hiswana Migas.

Sasaran sidak yakni pangkalan LPG yang berada di Kelurahan Gayam, Mrican, Ngampel, Ngadirejo, Dandangan, dan Pakunden. Secara bergantian, petugas mendatangi satu per satu pangkalan LPG.

"Sidak yang kita lakukan menindaklanjuti aduan masyarakat baik rumah tangga maupun pedagang terkait kelangkaan gas LPG 3kg yang terjadi di hari Minggu kemarin,” kata Kepala Disperdagin Kota , Wahyu Kusuma Wardani.

Dari hasil sidak, lanjutnya, diketahui tidak ada masalah terkait stok maupun ketersediaan gas LPG. Hanya saja, tidak ada pengiriman dari di hari minggu ataupun hari libur sehingga hal tersebut sempat mengakibatkan keterbatasan stok di beberapa pangkalan.

“Setelah kita koordinasi dengan , memang tidak ada pengiriman di hari minggu ataupun tanggal merah. Namun bisa kita pastikan stok LPG 3kg di Kota masih aman. Dalam sidak juga kita temukan ternyata setiap hari masih ada pengiriman dan stoknya rata-rata yaitu 100 tabung gas untuk setiap pangkalan,” terangnya.

Terkait adanya penyetoran fotocopy KTP dan KK sebagai syarat pembelian LPG 3kg di pangkalan, Wahyu menjelaskan hal tersebut digunakan untuk pendataan penerima gas bersubsidi. KTP yang terkumpul akan diupload oleh agen melalui aplikasi mypertamina.

"Dari data KK atau KTP nanti akan dimasukkan ke merchant apps untuk dijadikan laporan dari pangkalan bahwa LPG yang sudah mereka terima sudah disalurkan kemana saja," jelasnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO