Hadiri Rakernas Apeksi 2023 di Makassar, Ning Ita Sampaikan 57 Rekomemdasi dari Komwil IV

Hadiri Rakernas Apeksi 2023 di Makassar, Ning Ita Sampaikan 57 Rekomemdasi dari Komwil IV Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari sebagai Wakil Ketua Komwil IV Apeksi menyampaikan sejumlah rekomendasi dalam Rakernas Apeksi 2023.

MAKASSAR, BANGSAONLINE.com - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang XVI tahun 2023 resmi dibuka di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7/2023).

Sebanyak 88 wali kota dari total 98 kota di seluruh Indonesia hadir secara langsung pada acara puncak XVI yang digelar di Kota Makassar. Termasuk Wali Kota Mojokerto .

, sapaan akrab Wali Kota Mojokerto, yang juga Wakil Ketua Komisariat Wilayah (Komwil) IV Apeksi ini, berkesempatan menyampaikan sejumlah rekomendasi dalam rakernas.

Rekomendasi yang disampaikan tersebut merupakan hasil dari Rakerkomwil IV ke-18 Apeksi yang telah diselenggarakan di Kota Pasuruan pada Rabu (21/6) lalu. Mewakili Ketua Komwil IV Apeksi, menyebut ada 57 poin rekomendasi yang ditujukan bagi 7 kementerian.

"Kami di daerah berupaya bagaimana kondisi yang kami rasakan ini melalui Apeksi bisa didorong, didengar di kementerian, sehingga ada solusi yang menjadi jalan keluar bagi kami dalam menyelesaikan kondisi/kendala yang ada di daerah," ungkapnya.

Dari 57 poin rekomendasi untuk 7 kementerian tersebut, yang terkait dengan isu nasional di antaranya adalah pertama, terkait tindak lanjut Undang-Undang nomor 1 tahun 2022 tentang hak keuangan pusat dan daerah (HKPD). UU itu hingga saat ini hampir di seluruh daerah belum ada tindak lanjut bagaimana pajak dan retribusi daerah bisa segera ditetapkan.

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO