Sambut HUT ke-55, BPJS Kesehatan Malang Selenggarakan Donor Darah

Sambut HUT ke-55, BPJS Kesehatan Malang Selenggarakan Donor Darah BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang saat melakukan donor darah kepada salah satu pasien.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan transfusi darah, Kesehatan Kantor Cabang menyelenggarakan kegiatan donor darah. Agenda tersebut juga dalam rangka menyambut perayaan HUT ke-55 bertajuk 'Transformasi Mutu Layanan, Komitmen Bersama Demi Kesejahteraan Bangsa'.

Kepala Kesehatan , Roni Kurnia Hadi Permana, menyampaikan bahwa kegiatan yang bekerja sama dengan Kota dan Kabupaten tersebut diikuti oleh Duta Kesehatan baik pegawai maupun Tenaga Alih Daya (TAD) Kesehatan Cabang .

“Kegiatan donor darah yang kami lakukan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan semangat gotong royong Duta Kesehatan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Hal ini pun selaras dengan prinsip Kesehatan,” ujarnya, Rabu (12/7/2027)

Ia menuturkan, kegiatan donor darah ini juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti dapat menurunkan risiko kanker, meningkatkan produksi sel darah, menjaga kesehatan jantung, untuk mendeteksi penyakit, serta mengetahui kondisi kesehatan.

"Karena sebelum melakukan donor darah Duta Kesehatan Cabang wajib melakukan skrining kesehatan dahulu untuk memastikan terpenuhinya kualifikasi sebagai calon pendonor darah. Donor darah itu banyak sekali manfaatnya, bisa sekalian juga untuk skrining kesehatan,karena skrining riwayat kesehatan itu penting," paparnya.

Sedangkan untuk peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) juga bisa melakukan skrining riwayat kesehatan secara mandiri melalui Aplikasi Mobile JKN pada menu Skrining Riwayat Kesehatan.

"Nanti akan ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta JKN, diakhir nanti akan terlihat hasil skrining untuk risiko Diabetes, Hipertensi, Jantung, maupun Ginjal. Skrining riwayat kesehatan pada Aplikasi Mobile JKN ini bisa dilakukan minimal sekali setiap tahun dan dapat diikuti oleh seluruh peserta JKN khususnya yang berusia lebih dari 15 tahun," urai Roni.

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO