Gelar Orasi Ilmiah di Dies Natalies UTM ke-22, Mahfud MD: Demokrasi Tidak Selalu Baik

Gelar Orasi Ilmiah di Dies Natalies UTM ke-22, Mahfud MD: Demokrasi Tidak Selalu Baik Mahfud MD saat memaparkan materi di acara Dies Natalies ke-22 Universitas Trunojoyo Madura.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Universitas Trunojoyo () menggelar orasi Ilmiah pada acara Dies Natalies ke-22, di Gedung Pertemuan R. P. Mohammad Noer, Jum'at (7/7/2023).

Prof.Dr. Mahfud MD, selaku pemantik materi, menyampaikan bentuk pemerintahan negara demokrasi yang menurutnya tidak baik. Namun, paling baik diterapkan dari sistem yang lainnya seperti tirani, oligarki, dan timokrasi.

"Pemegang kekuasaan menjadi simbol dalam negara demokrasi yang mengharuskan rakyatnya tunduk pada kebijakan untuk menjadi warga negara yang baik," jelasnya.

Menurutnya, demokrasi memiliki kekhawatiran karena rakyat didoktrin untuk membangun kepercayaan kepada pemerintah. 

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan () itu, turut memaparkan tahapan pemilihan pemimpin melalui pemilihan umum (pemilu). Ia berharap hasil dari pemilu yang akan datang dapat diterima baik oleh masyarakat.

"Pemilu memilih pemimpin bukan musuh, bukan menyingkirkan musuh. Harus luber jurdil yang kalah harus menerima, tanpa harus terus mengganggu yang menang," ungkapnya.

Rektor Universitas Trunojoyo  Dr. Safi, menyampaikan terima kasih kepada yang telah menyempatkan hadir. Ia berharap materi yang disampaikan dapat menambah wawasan agar menjadi masyarakat yang demokratis.

"Saya sangat senang bisa ngaji kebangsaan guna menyongsong pemilu 2024 beliau sangat pas memberikan pemaparan tentang itu, kita dapat menimba banyak ilmu ketatanegaraan dan kebangsaan," pungkasnya.

Orasi ilmiah dalam rangka menyambut Dies Natalies ke-22 Universitas Trunojoyo ini bertajuk "Semangat Kebangsaan, Eratkan Persatuan Menyongsong Pemilu Serentak 2024 yang Jujur dan Adil". (mil/uzi/mar/man)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Minta Pesawat yang Bisa Mendarat di Matahari':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO