Perluas Layanan Air Bersih, Perumda Tirta Kanjuruhan Siapkan SPAM di Desa Pandanlandung

Perluas Layanan Air Bersih, Perumda Tirta Kanjuruhan Siapkan SPAM di Desa Pandanlandung Petugas dari Perumda Tirta Kanjuruhan saat berada di wilayah Desa Pandanlandung, Kecamatan Wagir.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Perumda Tirta Kanjuruhan terus berupaya untuk mengembangkan layanan air bersih di Kabupaten . Saat ini, sistem penyediaan air minum (SPAM) di wilayah Desa Pandanlandung, Kecamatan Wagir, tengah disiapkan.

Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Samsul Hadi, mengatakan bahwa pemanfaatan Sumber Pandanlandung yang telah disepakati dengan pihak pemerintah desa melalui pengusahaan sumber daya air mata air Sumber Kucur Dawuhan sebesar 5 liter per detik.

"Dengan pemanfaatan sumber Pandanlandung ini diharapkan mampu memberikan solusi akan kebutuhan air bersih bagi masyarakat di wilayah Desa Pandanlandung," ujarnya, Senin (26/6/2023).

Dengan demikian, salah satu permasalahan ketersediaan air di Desa Pandanlandung yaitu air tanah yang sering berwarna kuning pada musim kemarau sehingga tidak layak dikonsumsi, akan teratasi dengan adanya layanan air bersih dari Perumda Tirta Kanjuruhan.

"Saat ini tahapan pembangunan SPAM sedang dilaksanakan, dan diharapkan pada September 2023, air bersih akan siap didistribusikan ke masyarakat yang telah didata sebagai pelanggan Perumda Tirta Kanjuruhan," kata Samsul.

Sementara itu, Kepala Desa Pandanlandung, Wiroso Hadi, menyebut kerja sama pengelolaan sumber di wilayahnya telah disepakati bersama oleh pihak Perumda Tirta Kanjuruhan dan pemerintah desa.

"Saat ini sudah dalam pendataan ke warga desa Pandanlandung untuk menjadi pelanggan baru melalui fasilitas program Masyarqkat Berpenghasilan Rendah (MBR)," tuturnya.

Ia berharap, dengan terealisasinya pengelolaan sumber Desa Pandanlandung oleh Perumda Tirta Kanjuruhan, nantinya dapat membantu terpenuhinya kebutuhan air bersih kepada warga sekitar. (dad/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO