Hadapi Cuaca Panas Ekstrem, Gubernur Khofifah Bagikan Tips Aman Beraktivitas di Luar Rumah

Hadapi Cuaca Panas Ekstrem, Gubernur Khofifah Bagikan Tips Aman Beraktivitas di Luar Rumah

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Fenomena cuaca panas terasa di beberapa kawasan di Indonesia dalam beberapa hari belakangan. Tidak hanya di tanah air, kondisi serupa juga terjadi di sejumlah negara Asia seperti Bangladesh, India, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Thailand.

Menghadapi suhu panas tersebut, Gubernur Khofifah mengimbau masyarakat untuk menyiapkan kondisi tubuh agar tetap bugar di tengah cuaca ekstrem.

Salah satu diantaranya adalah dengan memperbanyak minum air putih minimal 2 liter per hari. Tak hanya itu, mengonsumsi makanan bergizi dan tinggi kandungan air itu juga perlu diterapkan.

“Apalagi jika mempunyai kegiatan atau beraktivitas tinggi di luar ruangan, maka minumlah air untuk menggantikan keringat yang hilang. Jangan lupa untuk mengonsumsi makan makanan yang bergizi dan tinggi kandungan air. Ini penting dilakukan selain menyehatkan, juga menghindari terjadinya dehidrasi,” ujar Gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi , Selasa (25/4).

Cara kedua yang bisa dilakukan, lanjut Mantan Menteri Sosial RI tersebut, yaitu mengenakan pakaian yang longgar dan berbahan ringan. Tips berikutnya yakni sebisa mungkin menghindari kegiatan di luar ruangan di siang hari.

“Dan jika sedang beraktivitas di luar ruangan, bisa mengenakan topi atau memakai payung. Mengingat cuaca panas yang terik, sebisa mungkin untuk menghindari paparan langsung matahari,” ajaknya.

Gubernur Jawa Timur menyampaikan tips kelima yaitu menjaga stamina dengan berolahraga dan mengonsumsi vitamin agar tubuh tetap pada kondisi fit.

“Insya Allah kelima tips ini jika dilakukan bisa membuat kita tetap dalam kondisi yang fit meski dalam cuaca panas yang diakibatkan gelombang panas," ujarnya.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO