Gandeng PMI Kabupaten Kediri, Keluarga Besar Masjid di Bangkok Gelar Donor Darah

Gandeng PMI Kabupaten Kediri, Keluarga Besar Masjid di Bangkok Gelar Donor Darah Agus usai melakukan donor darah di teras Masjid Al Ghuroba' Desa Bangkok Kecamatan Gurah. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Meski sudah masuk bulan Ramadhan, ternyata minat masyarakat untuk melakukan bakti sosial berupa donor darah tidak berkurang.

Seperti yang dilakukan keluarga besar ' di Dusun Mangunrejo, , Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Mereka melaksanakan donor darah tepat di hari pertama bulan Ramadhan, Kamis (23/3/2023) malam dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kediri.

Faiz, penanggung jawab acara, mengatakan bahwa bakti sosial berupa aksi donor darah ini sebenarnya sudah dilakukan sejak lama.

Peserta donor darah yang rata-rata berjumlah 50-60 orang ini tidak melulu berasal dari warga sekitar ', tapi ada beberapa kolega yang datang dari Pare, Pagu, Kunjang, dan Kota Kediri.

"Setiap dua bulan sekali, kami keluarga besar ' melaksanakan donor darah. Kebetulan, pelaksanaan bakti sosial donor darah saat ini sudah masuk bulan Ramadhan, maka donor darah dilaksanakan malam hari sesudah sholat tarawih," kata Faiz, Jumat (24/3/2023).

Menurutnya, niat awal aksi donor darah ini adalah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah. "Kami menggandeng untuk melaksanakan donor darah di teras dan halaman masjid Al Ghuroba'," pungkas Faiz.

Agus, salah satu pendonor darah asal Desa Bendo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, mengaku senang bisa ikut menyumbangkan setetes darahnya untuk warga yang membutuhkan.

"Memang tidak semua orang bisa menyumbangkan darahnya. Saya bersyukur, ternyata setelah diperiksa oleh petugas sebelum donor darah, saya dinyatakan sehat dan bisa donor," kata Agus.

Ia mengungkapkan, donor darah kali ini sengaja dilaksanakan di malam hari sesudah sholat tarawih karena sudah masuk bulan puasa. "Kalau tidak bulan Ramadhan, biasanya donor darah dilakukan pada hari Minggu pagi sampai siang," tambahnya. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO