Gelar Kirab Mahkota, Takmir Masjid Al Mubarok Kediri Ingin Lestarikan Tradisi Islam

Gelar Kirab Mahkota, Takmir Masjid Al Mubarok Kediri Ingin Lestarikan Tradisi Islam Takmir Masjid Al Mubarok dan warga Lingkungan Trate, Dusun Dawung, Desa Pagu, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, saat mengarak Mahkota Masjid untuk berkeliling. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Takmir Masjid Al Mubarok dan ratusan warga Lingkungan Trate Dusun Dawung, Desa Pagu, Kecamatan Wates, Kabupaten , menggelar Menara Masjid, Minggu (21/8/2022). Kegiatan itu dimulai dari halaman masjid lalu berkeliling kampung dan kembali finish di tempat semula.

Ahmad Shodik, seorang tokoh agama desa setempat mengatakan dalam kirab itu mahkota masjid ditandu oleh 8 orang kemudian dibawa keliling kampung. Kegiatan itu sebagai bagian dari upaya untuk melestarikan tradisi Islam.

Masjid juga diiringi lantunan sholawat yang dibawakan oleh grup Rebana, serta diikuti ratusan warga Lingkungan Trate.

" ini, bertujuan sebagai wujud syukur kepada Tuhan, karena proses pembangunan Masjid Al Mubarok di lingkungan setempat sudah hampir selesai," ujarnya saat dikonfirmasi.

Setelah dibawa keliling kampung, mahkota itu kemudian dipasang di atas kubah sebagai tanda Masjid Al Mubarok siap digunakan untuk sholat berjamaah setiap harinya.

"Jadi setelah mahkota menara masjid dipasang, Ta'mir Masjid Al Mubarok akan segera mengirimkan surat kepada Kementerian Agama Kabupaten , untuk meminta izin melakukan ibadah sholat Jum'at di Masjid Al Mubarok," paparnya.

Hal senada disampaikan oleh Moha, seorang tokoh masyarakat lainnya. Menurut dia, selain untuk melestarikan tradisi islami dan wujud syukur, Masjid sebagai bentuk kerukunan warga Lingkungan Trate yang sudah terjalin sejak dahulu.

Kegiatan tersebut juga mendapatkan apresiasi dari pemerintah desa setempat. Sementara Kasun Dawung, Heru Pranoto, juga memberi dukungan berupa hadiah terhadap kegiatan ini.

"Jadi kami dari pemerintah desa mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh ta'mir dan remaja Masjid Al Mubarok," kata Heru.

Sebelum mahkota menara masjid dipasang, takmir masjid juga memberikan doorprize kepada ratusan warga yang mengikuti acara. Doorprize sengaja dalam bentuk kebutuhan dapur, agar nanti ibu-ibu yang selama ini memberi dukungan terhadap pembangunan Masjid Al Mubarok sedikit terbantu. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO