Cara Mencegah Sakit Tenggorokan saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Cara Mencegah Sakit Tenggorokan saat Berpuasa di Bulan Ramadhan Cara Mencegah Sakit Tenggorokan Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sakit tenggorokan merupakan rasa tidak nyaman, nyeri, kering hingga gatal yang terjadi di area tenggorokan. Sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.

Pada saat berpuasa, risiko alami akan lebih tinggi ketika kebersihan gigi dan mulut tidak dijaga dengan baik.

"Penyebab ada rumusnya. Bakteri, sisa makan dan waktu, yang akhirnya memicu luka di tenggorokan atau kerusakan gigi", ujar dr. Gia Pratama.

dr. Gia mengatakan bahwa kebersihan mulut selama berpuasa perlu diperhatikan dengan baik agar sisa makanan di dalam mulut tidak berpotensi berubah menjadi sarang bakteri.

Kontaminasi virus dan bakteri akan semakin mudah menyerang apabila tubuh kita sedang kekurangan cairan, misalnya saat berpuasa.

"Sisa makanan di mulut itu jadi energi buat bakteri berkembang biak. Agar tidak , ya jangan ada bakteri di dalam mulut", tutur dr. Gia.

Pencegahan dapat dilakukan dengan rutin menggosok gigi setelah sahur dan berbuka puasa. Gosok gigi dilakukan tidak terburu-buru, idealnya ialah selama dua menit.

Setelah itu jangan lupa berkumur untuk menjangkau sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi agar tidak berpotensi menjadi sarang bakteri.

"Mencegah saat puasa intinya adalah rajin berkumur dan bersihkan gigi setelah makan", jelas dokter Gia.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO