Mendag Puji Kinerja Wali Kota Mojokerto

Mendag Puji Kinerja Wali Kota Mojokerto Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, saat menyaksikan Mendag, Zulkifli Hasan, menandatangani MoU dan perjanjian kerja sama. Foto: ROCHMAT SAIFUL ARIS/BANGSAONLINE

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, mengapresiasi kinerja Wali Kota , Ika Puspitasari, yang berhasil membawa peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kota Onde-Onde. Ia mengungkapkan hal tersebut usai meresmikan 5 pasar di Kota , Senin (20/3/2023).

"Apresiasi atas kinerja Ibu Wali Kota atas pertumbuhan ekonomi di wilayah ini. Kerja Ibu Wali Kota bagus, Hal itu tercermin dari pertumbuhan ekonomi Kota yang tumbuh solid sebesar 5,56 persen. Angka tersebut melampaui target yang ditetapkan pemerintah yakni sebesar 5,3 persen. Kinerja yang bagus," kata menteri yang akrab disapa itu.

Ia mengaku kagum dengan konsep Kerajaan Majapahit dalam pembangunan Pasar Ketidur. Menurut dia, para pedagang pasar rakyat yang ada di Kota perlu meningkatkan kualitasnya, seperti penyajian kemasan dan kebersihan stan pasar.

"Yang jelas, tekad besar Wali Kota dalam mensukseskan kebijakan perdagangan, jasa, dan pariwisata di wilayah ini sangat luar biasa. Wali kota orang baik, kinerja bagus. Termasuk para Forkopimdanya juga mendukung dan bersinergi," tuturnya.

Dalam agenda tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Sama dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia Kemetrologian. Wali Kota , Ika Puspitasari, menjelaskan maksud dan tujuan dari Mendag yang meresmikan sejumlah pasar di wilayahnya.

"Total di 10 pasar tersebut hampir 10.000 pedagang. Jadi di Kota ini juga ada pasar tematik, hal ini semua menunjukkan bahwa Kota ini adalah kota perdagangan dan jasa," ucap pimpinan daerah yang akrab disapa ini.

Ia turut meminta bantuan anggaran dari pemerintah pusat untuk revitalisasi Pasar Tanjung Anyar yang merupakan pasar induk Kota , mengingat jumlah pedagang di dalamnya sudah melebihi kapasitas.

"Alhamdulillah, tahun 2022-2023, pertumbuhan ekonomi menjadi 5,56 persen. Ini adalah bentuk sinergi dan kolaborasi semuanya. Sebagaimana diketahui, UMKM alas kaki Kota jumlahnya sudah lebih dari 100 dan sudah menjadi komoditas ekspor sejak 1995. Bahkan saat pandemi, UMKM alas kaki Kota tetap bisa mengkespor ke beberapa negara," ujarnya.

"Jadi, Kota juga kami fokuskan untuk menjadi kota pariwisata berbasis kerajaan dan budaya. Dalam kesempatan ini, kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perdagangan yang telah men-support pasar Kota dengan dana alokasi khusus mulai 2020-2021," pungkasnya. (ris/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO