10 Tempat Wisata Buatan Surabaya yang Terkenal Ramai di Akhir Pekan

10 Tempat Wisata Buatan Surabaya yang Terkenal Ramai di Akhir Pekan Taman Mozaik merupakan salah satu wisata buatan Surabaya. (foto: tourism.surabaya.go.id)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Surabaya yang merupakan ibu kota dari Jawa Timur menjadi daerah yang sarat dengan sejarah. Maka tidak mengherankan, banyak kita jumpai tempat yang berhubungan dengan peristiwa perjuangan pahlawan kemerdekaan di Kota Pahlawan.

Selain itu, kota terbesar kedua setelah Jakarta ini menyimpan segudang tempat wisata buatan yang menawarkan edukasi sekaligus hiburan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 tempat wisata buatan Surabaya yang terkenal ramai di akhir pekan

1. Taman Mozaik

Tempat yang satu ini berupa taman seluas 5100 meter persegi yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya. Mempunyai konsep berupa taman rekreasi yang bertemakan mozaik warna warni, destinasi ini sangat ramai ketika akhir pekan. Bagian yang terlihat menonjol pada taman Surabaya ini adalah keberadaan rumah berdinding mozaik berwarna-warni. Di Taman Mozaik ini pengunjung dapat memanfaatkan latar bangunan untuk berswafoto.

2.

Destinasi yang satu ini didirikan pada 10 November 1951 dan diresmikan pada 10 November 1952 oleh Presiden RI, Ir. Soekarno. Tujuan pendirian dimaksudkan untuk mengenang sejarah perjuangan para pahlawan kemerdekaan bangsa Indonesia dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Pada 10 November 1991 mulai dikerjakan pembangunan Museum Sepuluh November seluas 1366 meter persegi dengan kedalaman 7 meter di bawah permukaan tanah pada areal Komplek .

Museum Sepuluh November yang berada di Jalan Pahlawan, Surabaya ini bertujuan untuk mendukung keberadaan dan dilengkapi fasilitas sejarah serta diresmikan pada 19 Februari 2000 oleh Presiden RI, KH. Abdurrahman Wahid.

3. Kebun Binatang Surabaya

Kebun binatang Surabaya (KBS) menjadi tempat wisata favorit bagi keluarga yang wajib dikunjungi.

Selain sebagai sarana rekreasi, Kebun binatang Surabaya juga merupakan tempat wisata bertema edukasi untuk anak-anak. Objek ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya.

Salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia dan terbesar se-Asia Tenggara ini pernah menjadi kebun binatang dengan koleksi satwa terlengkap.

Tempat wisata buatan Surabaya ini berada di lingkungan yang asri dan rindang dengan pohon-pohon besar.

Bahkan di tempat rekreasi Surabaya ini kita bisa berinteraksi seperti memberi makan Komodo atau menaiki Gajah.

Kebun Binatang Surabaya juga menjadi kawasan konservasi sekaligus Hutan Kota. Di depan KBS terdapat patung Hiu dan Buaya yang melambangkan Kota Surabaya seakan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung.

4. Jalan Tunjungan

Jalan Tunjungan yang populer semenjak awal abad ke-20 telah menjadi salah satu pusat komersial sekaligus merupakan jalan penghubung di Surabaya. Di sepanjang jalan ini terdapat berbagai macam toko dan restoran.

Jalan Tunjungan menjadi saksi atas berkembangnya Kota Surabaya. Walaupun waktu terus berjalan tidak membuat kenangan masa lalu hilang, seperti bangunan sejarah peninggalan kolonial Belanda yang sebagian masih bertahan dan terawat. Maka tak salah jika Jalan Tunjungan jadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi. 

Saat ini, Jalan Tunjungan menjadi salah satu spot wisata malam yang mempesona di Kota Surabaya dengan kehadiran para pelaku seni, mulai dari tampilan pantomim, menyanyi, dan seni-seni lainnya.

5. Kebun Bibit Bratang

Kebun bibit yang berada di Bratang, merupakan taman menarik dengan adanya aneka tumbuhan tropis dari berbagai jenis pohon. Tidak kurang dari seribu pohon tumbuh di wisata buatan Surabaya ini memberikan suasana yang asri, nyaman, sejuk, dan udara yang segar.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO