Rehab Sekolah di Kota Mojokerto Capai Rp8 Miliar

Rehab Sekolah di Kota Mojokerto Capai Rp8 Miliar Kepala Disdikbud Kota Mojokerto, Amin Wachid.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Lembaga pendidikan TK, SD, SMP di Kota tahun ini mendapat jatah fisik hingga Rp8 miliar. Plafon anggaran tersebut diperuntukkan bagi rehabilitasi serta pemeliharaan bangunan.

'’Sumbernya dari DAK dan APBD. Totalnya sekitar Rp 8 miliar, tapi yang Rp 2 miliar difokuskan untuk pemeliharaan gedung,’’ kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota , Amin Wachid, Kamis (16/2/2023).

Ia mengatakan bahwa Pemkot  menerima bantuan senilai Rp2,5 miliar untuk dana DAK. Nantinya, total anggaran itu bakal diplot untuk rehabilitasi 3 lembaga pendidikan, yakni dua SDN dan satu SMPN.

Kemudian, kata Amin, untuk anggaran rehab dari APBD dialokasikan sebanyak Rp3,9 miliar untuk delapan lembaga pendidikan, yaitu 5 SDN, 2 SMPN, serta 1 SMP swasta. Sedangkan sisa Rp2 miliar untuk pemeliharaan di 1 TK negeri dan 3 swasta.

Menurut dia, bantuan tersebut lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumya yang mencapai Rp4,75 miliar. Sebab, saat ini sudah banyak lembaga pendidikan di kota yang sudah tersentuh rehab. 

Apalagi, Disdikbud Kota  memprioritaskan pembangunan serta perbaikan fasilitas gedung sekolah selama empat tahun terakhir. Amin menyebut, bantuan DAK akan digelontorkan dalam beberapa tahap, pertama 25 persen, kedua 45 persen, dan terakhir 30 persen. (yep/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO