Diskominfo Kabupaten Blitar Gelar Sosialisasi Cara Deteksi Dini Kerawanan Sistem Elektronik

Diskominfo Kabupaten Blitar Gelar Sosialisasi Cara Deteksi Dini Kerawanan Sistem Elektronik Sosialisasi cara deteksi dini kerawanan sistem elektronik yang digelar Diskominfo Kabupaten Blitar

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Diskominfo Kabupaten mensosialisasikan cara deteksi dini kerawanan sistem elektronik. Kegiatan ini digelar dalam rangka mencegah kerawanan data yang masuk sistem elektronik, baik di lingkup kantor pemerintahan, maupun swasta, dibobol oleh orang yang tidak bertangungjawab untuk mengeruk keuntungan pribadi.

Kepala Diskominfo Kabupaten , Eko Susanto dan Mohammad Noval Assidig Wangsa Atmaja dari PT Telkom Indonesia hadir sebagai narasumber dalam agenda tersebut. Sedangkan para peserta berasal dari RSUD, OPD di Kabupaten , serta sejumlah instansi vertikal seperti BPS, lembaga pendidikan, dan sejumlah lembaga keuangan.

"Keamanan siber sudah menjadi isu prioritas karena berpengaruh terhadap segala aspek kehidupan, baik itu sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, dan keamanan. Hal ini berbanding lurus dengan tingginya tingkat pemanfaatan teknologi informasi," kata Eko melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Kamis (16/2/2023).

"Menyikapi hal tersebut, saya sebagai Kepala Dinas Kominfo dan Persandian perlu memberikan sosialisasi terkait dengan hal tersebut. Karena tingkat ancaman penyalahgunaan dan resiko informasi tersebut juga semakin besar," imbuhnya.

Sebagai salah satu kepanjangan tangan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), pihaknya bakal berupaya membangun dan menjaga daerah khususnya di Kabupaten .

Eko berharap, ekosistem di Kabupaten serta terwujudnya sinergi dari berbagai pemangku kepentingan terbangun, sehingga tercapai ketahanan siber. Dengan adanya sosialisasi ini memungkinkan untuk tercapainya ketahanan siber, keamanan layanan publik, penegakan hukum siber serta keamanan budaya dan ekonomi siber. (kmf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO