Bupati Kediri Dampingi Menteri Pertanian Tanam Kelapa Genjah Sebar di Lereng Wilis

Bupati Kediri Dampingi Menteri Pertanian Tanam Kelapa Genjah Sebar di Lereng Wilis Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (pegang mik) didampingi Bupati Hanindhito Himawan Pramana (kanan Mentan) saat berdialog dengan para petani/pekebun di Desa Kanyoran. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mendampingi Menteri Pertanian RI, melakukan penanaman sebar (kejar) 1 juta batang secara nasional di Lereng , , Kecamatan Semen, Kamis (9/2/2023).

Penanaman kejar di Kabupaten Kediri dilakukan setelah sebelumnya penanaman serupa secara nasional sukses dilakukan oleh Presiden RI Jokowi bersama Menteri Pertanian beberapa bulan lalu di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Penanaman perdana sebelumnya dilakukan oleh Presiden RI Jokowi di Solo Raya (Sukoharjo-Karanganyar-Boyolali) dengan target 200.000 batang, secara bertahap tahun 2022-2023.

Selain melakukan penanaman sebar, Menteri Pertanian juga melakukan presentasi di Pendopo Panjalu Jayati. Kemudian dilanjutkan dengan acara panen raya padi di Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri.

Menteri Pertanian  mengatakan penanaman sebar di Kabupaten Kediri dilakukan dengan klaster pekarangan dalam rangka mendukung pengembangan kawasan perkebunan.

“Program strategis ini dilakukan demi memperkuat sektor pertanian mengantisipasi tantangan krisis pangan global dan menuju kemandirian pangan. Serta mengembalikan kejayaan Indonesia pada masa lalu, yaitu nyiur melambai dengan pohon kelapa," kata di sela acara, Kamis (9/2/2023).

Menurutnya, program ini sekaligus untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan mengoptimalkan lahan pekarangan dan hamparan.

Syahrul Yasin mengajak masyarakat untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan pekarangan dan lahan kosong dengan menanam berbagai komoditas pertanian varietas unggulan. Salah satunya, tanaman .

Mentan menyebut, terbukti punya potensi dan nilai ekonomi yang sangat tinggi. Sasaran pengembangan kegiatan ini adalah di pekarangan dan kawasan di Kabupaten Kediri. Yaitu 60% pekarangan dan 40% kawasan.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO