Pertanyakan Surat Pengelolaan Limbah B3, Warga Gempol Datangi PT JAI

Pertanyakan Surat Pengelolaan Limbah B3, Warga Gempol Datangi PT JAI Warga Gempol bersama pihak PT JAI usai menandatangani kesepakatan bersama. Foto: AHMAD FUAD/BANGSAONLINE

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Masyarakat perwakilan dari 7 dusun di Desa Gempol, Kabupaten , mendatangi PT  (JAI), Senin (30/1/2023). Mereka bersama kepala desa setempat, Akhmad Dwi Setiyono, menanyakan surat permohonan dari warga untuk mengelola limbah B3 jenis tembaga, timah, dan lainnya.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan pendapatan masyarakat sekitar, terutama bagi yang dalam kondisi kurang beruntung. Untuk menjaga kondusivitas, kepala desa, BPD, dan semua kepala pelaksana kewilayahan dari 7 dusun beserta Babinkamtibmas bersama Babinsa turut mendampingi.

Sesampainya di pabrik, warga tampak dipersulit oleh pihak perusahaan untuk masuk ke ruang pertemuan. Dalam proses pelaksanaannya, PT JAI yang diwakili Imam Suroso dan Teguh Sonjaya memulai audiensi setelah masyarakat menunggu selama kurang lebih 1 jam.

Saat itu, warga menyampaikan aspirasi sesuai surat permohonan yang telah dikirim untuk meminta kejelasan dari PT JAI, agar limbah B3 jenis tersebut dikelola masyarakat yang telah memenuhi syarat prosedur. Disampaikan oleh pria yang dipanggil Yadi mengatakan "Kedatangan kami ke sini ingin pengelolaan limbah B3 diserahkan kepada warga," ujarnya.

Dia menjelaskan, sementara ini limbah tersebut tidak diserahkan kepada warga, oleh sebab itu mereka bersama warga mendatangi perusahaan untuk merembuk kondisi limbah avalan B3 tersebut supaya bisa diserahkan kepada warga.

Setelah terjadi dialog panjang, didapatkan kesepakatan sementara bahwa PT JAI merespons apa yang menjadi aspirasi dari warga dengan catatan memenuhi semua persyaratan yang sesuai dengan regulasi sebagai pengelolaan limbah B3 dan pihak warga menyanggupi.

Sedangkan terkait pemberian kompensasi kepada warga yang telah masuk dalam salah satu klausul perjanjian PT JAI dengan PT Al Rosyid, yang mengambil limbah B3 dari jenis tembaga, timah, dan lainnya, PT JAI akan melakukan teguran kepada pihak terkait.

"Nanti kami berikan teguran kepada PT Al Rosyid, agar konstribusi kepada warga dipenuhi," kata Imam.

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO