Capaian Vaksinasi Sukses, Tuban Siap Jadi Endemi Covid-19

Capaian Vaksinasi Sukses, Tuban Siap Jadi Endemi Covid-19 Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Tuban, dr Bambang Priyo Utomo saat wawancarai awak media, Rabu (18/1/2023).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Meski PPKM sudah dicabut oleh Presiden Joko Widodo beberapa hari yang lalu, ternyata pandemi Covid-19 hingga sampai saat ini masih ada. 

Hal itu, diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana () Kabupaten Tuban, dr Bambang Priyo Utomo saat ditemui wartawan, Rabu (18/1/2023).

Menurut dr Bambang sapaan akrabnya, kesalahpahaman yang terjadi di masyarakat mengenai pencabutan PPKM, dimana masyarakat menganggap pandemi Covid-19 telah selesai. Namun, kenyataannya hingga saat ini masih di dalam pandemi.

"Setelah pencabutan PPKM diumumkan oleh Presiden, kelonggaran aktivitas dan pemakaian masker, masyarakat menganggap pandemi selesai, tapi nyatanya Indonesia masih dalam masa pandemi, tapi memang menuju status endemi," beber mantan Kepala Puskesmas Tambakboyo ini.

Disisi lain, meski pandemi covid-19 belum 100 % selesai tetapi masyarakat diminta tidak panik dan namun tetap waspada. Apalagi capaian vaksinasi di Kabupaten Tuban sangat sukses dan angka kasus Covid-19 di Kabupaten Tuban Nol, terhitung sejak pertengahan 2022.

"Jadi intinya Tuban siap jadi , mengingat capaian vaksinasi yang memenuhi target dan angka covid-19 0," paparnya.

Bambang menjabarkan, alasan Kabupaten Tuban telah siap menuju endemi Covid-19 karena didukung oleh capaian hasil vaksinasi yang telah mencapai 83,82 % untuk dosis pertama. Kemudian, sebanyak 71 % dosis kedua dan 32% untuk dosis ketiga.

"Capaian vaksinasi telah mencapai di atas target nasional, dan Booster kedua juga telah dimulai, tinggal menunggu stok vaksin selanjutnya," pungkasnya. (wan/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Santri Ponpes Asy Syafi'i Nganjuk Antusias Ikuti Vaksinasi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO