Ini Manfaat Kayu Manis yang Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Ini Manfaat Kayu Manis yang Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah Ilustrasi

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Kayu mains dianggap memiliki khasiat untuk kesehatan, salah satunya gula darah. Mengutip Healthline, tingginya gula darah mengakibatkan penyakit komplikasi jangka panjang, diantaranya, penyakit jantung, gagal ginjal, dan kerusakan saraf.

Kayu manis merupakan rempah aromatik yang berasal dari kulit pohon Cinnamomum. Meskipun dengan namanya yang manis, kayu manis terbukti bisa mencegah dan menurunkan gula darah tinggi, penyebab diabetes.

Tak hanya itu, kayu manis juga mengandung antioksidan dalam jumlah yang cukup besar.

Salah satu penelitian mengungkapkan, dari 84 orang dengan sindrom ovarium plikistik (PCOS), dengan mengkonsumsi sebanyak 1.500 mg kayu manis setiap hari, akan meningkatkan kadar antioksidan yang signifikan dalam darah setelah 8 minggu.

Karena antioksidan penting dalam tubuh untuk mengurang stres oksidatif, atau sejenis kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya. Salah satunya, adalah penyebabnya penyakit kronis seperti diabetes tipe 2.

Studi lain juga menunjukkan, dengan mengkonsumsi 1 gram ekstrak kayu manis setiap hari selama 12 minggu, dapat mengurangi puasa dan meningkatkan penanda stres oksidatif pada penderita diabetes tipe 2.

Selain itu, kayu manis bisa membantu menurunkan gula darah dan mencegah diabetes dengan meniru efek insulin. Setelah itu, meningkatkan pergerakan gula dari aliran darah ke dalam sel.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO