Pemkab Kediri Ekspor Kopi Arabika Wilis ke Uni Emirat Arab

Pemkab Kediri Ekspor Kopi Arabika Wilis ke Uni Emirat Arab Tampilan Kopi Arabika Wilis.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Kediri melakukan ekspor perdana kopi ke Uni Emirat Arab, Kamis (22/12/2022). 

Ekspor kopi ini menjadi salah satu komitmen Bupati dalam meningkatkan pangsa pasar dan nilai ekonomi komoditas unggul pertanian dan perkebunan di Kabupaten Kediri.

Pelaksana Tugas Kepala Dispertabun Kabupaten Kediri, Anang Widodo, menyampaikan permintaan kopi di pasar global saat ini tinggi dan diperkirakan trennya akan terus meningkat. Melihat potensi pasar kopi arabika ini, sejak tahun 2021 Bupati Hanindhito meminta komoditas kopi di Kabupaten Kediri lebih digarap secara intensif.

"Sejak 2021 kita fokus ke peningkatan kualitas SDM, mulai pengenalan kopi arabika, standarisasi, budi daya, dan lain-lain. Tahun 2022, 2023, 2024 kita fokus ke peningkatan kuantitas dan kualitas kopi," kata Anang.

Kopi yang diekspor tersebut merupakan hasil panen dari perkebunan rakyat , Kecamatan Mojo. Luasan lahan perkebunan kopi arabika saat ini 40 hektare, di mana 24 hektare di antaranya sudah mulai menghasilkan.

Dari luasan yang telah produksi tersebut, sebanyak 200 kilogram hasil panen mulai diekspor. Rinciannya 100 kilogram dengan metode pasca panen full wash, 100 kilogram natural.

"Sebagaimana disampaikan Mas Dhito (sapaan ), pada 2024 ditargetkan setiap musim minimal kita punya 1 ton (siap ekspor)," ungkap Anang.

Menurutnya, kopi arabika harus ditanam di dataran tinggi karena mempengaruhi kadar air dan suhu. Adapun ketinggian minimal 1.000 mdpl.

Kabupaten Kediri, kata Anang, dianggap tepat untuk pengembangan kopi arabika, khususnya di , karena suhunya lebih dingin. Adapun tanaman kopi yang ada di daerah Gunung Kelud dan Anjasmoro rata-rata jenis robusta.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO