SMPN 1 Taman, Sekolah Toleransi Pertama di Indonesia

SMPN 1 Taman, Sekolah Toleransi Pertama di Indonesia

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Peringatan HUT ke-60 SMPN 1 Taman, Sidoarjo, jadi momen istimewa bagi sekolah yang didirikan tanggal 18 Desember 1962 tersebut. Sebab, SMPN 1 Taman dideklarasikan sebagai , Sabtu (17/12/22).

SMPN 1 Taman dicanangkan sebagai ini oleh sejak tahun 2020, bersama empat sekolah lain dalam program cinta budaya cinta tanah air (CBCTA). Yaitu SMPN 1 Waru, SMPN 1 Gedangan, SMAN 1 Gedangan, dan MA Nurul Huda Sedati.

"Dengan demikian, sebutan bukan sebuah klaim yang tiba-tiba, bukan hadiah dari siapa pun, termasuk dari pemerintah, tetapi sudah melalui proses yang panjang," ujar Henri Nurcahyo, Ketua .

Sementara Dr. Netty Lastiningsih, Kepala Bidang Penjamin Mutu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sidoarjo, menegaskan predikat yang diraih oleh SMPN 1 Taman hanya sebuah status. Menurutnya, yang terpenting adalah proses yang telah dilalui dalam mewujudkan hal itu.

"Karena ada imajinasi dan rasa penasaran, sehingga menghasilkan suatu karya. Tujuan utamanya adalah penguatan karakter dan berpikir kritis, yang menjadi salah satu tolok ukur profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka," terangnya.

Ia mengingatkan, bahwa tantangan yang dihadapi anak-anak di masa mendatang akan lebih kompleks. Peran guru dan orang tua sangat besar dalam hal ini.

"Pada usia yang ke-60 merupakan usia yang matang, karena itu diharapkan SMPN 1 Taman melakukan diseminasi dan mampu memberi teladan bagi sekolah lainnya. Apalagi tahun depan juga menjadi sekolah penggerak," ujar Netty.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO