Lewat Film Dokumenter CICA, Bupati Kediri Angkat Perjuangan Disabilitas

Lewat Film Dokumenter CICA, Bupati Kediri Angkat Perjuangan Disabilitas Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, bersama para pemenang lomba film dokumenter Cipta, Inspirasi, Cita, dan Asa atau CICA. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkab melalui dinas sosial (dinsos) dan TP PKK menggelar Cipta, Inspirasi, Cita, dan Asa (). Ajang tersebut diikuti puluhan sineas lokal yang mengisahkan perjuangan sebagai inspirasi dalam karyanya.

Kegiatan ini juga menjadi salah satu bentuk komitmen pemerintah daerah setempat, dalam memberi perhatian khusus terhadap penyandang untuk mewujudkan wilayah inklusif di Bumi Panjalu.

“Ada beberapa orang (difabel) yang berani melawan dan mengalahkan dirinya sendiri bahwa mereka punya kelebihan yang bisa dibanggakan,“ kata Bupati pada malam penganugerahan di Gedung Bagawanta Bhari, Senin (5/12/2022).

Hal itu ditunjukkan dalam beberapa film dokumenter yang dilombakan, di mana ditampilkan puluhan difabel yang berjuang untuk bertahan hidup dan berkarya dengan kelebihannya masing-masing. Dengan semangat talenta yang ada, Dhito berpesan kepada difabel untuk tidak berkecil hati dengan keterbatasan yang dimiliki.

“Di setiap satu kekurangan, pasti Tuhan akan memberikan 10 kelebihan lainnya,” tutur bupati muda berkacamata ini.

Dalam ajang tersebut, film berjudul Pinisi Harapan meraih juara pertama dengan menokohkan Mohammad Sobirin dari Kecamatan Plosoklaten. Ia merupakan seorang difabel yang berjuang dengan membuat kerajinan miniatur.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Persiapan ke Piala Dunia, Timnas Disabilitas Sepak Bola Latihan di Pasuruan':