Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law, Puluhan Tenaga Profesi Kesehatan di Jombang Demo

Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law, Puluhan Tenaga Profesi Kesehatan di Jombang Demo Puluhan massa dari sejumlah organisasi profesi kesehatan saat demo di Halaman Kantor IDI Jombang. Foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Puluhan massa dari sejumlah organisasi profesi kesehatan di Jombang berunjuk rasa, Senin (28/11/22) sore. Mereka menolak Rancangan Undang-Undang Kesehatan (RUU Kesehatan) Omnibus Law yang direncanakan masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2023.

Bertempat di halaman Kantor IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Cabang Jombang, Jl Mastrip, Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, aksi tersebut diikuti sejumlah organisasi kesehatan. Di antaranya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), (IBI).

Selain itu juga dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), dan Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki).

Pantauan di lapangan, dengan mengenakan ikat kepala warna putih bertuliskan menolak , puluhan massa itu juga mengenakan pakaian profesinya masing-masing.

Ketua IDI Cabang Jombang, dr. Hexawan Tjahyawidada dalam aksinya membacakan pernyataan sikap berisi penolakan yang dianggap merugikan kepentingan masyarakat dan berdampak pada kesehatan.

"Salah satu poin, yakni menolak isi RUU Omnibus Law Kesehatan karena berpotensi besar merugikan kepentingan masyarakat dan bisa berdampak pada kesehatan masyarakat Indonesia," katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO