Dampingi Jokowi di Mojokerto, Emil Dardak Sebut Jawa Timur Basis Pabrik Gula dan Petani Tebu

Dampingi Jokowi di Mojokerto, Emil Dardak Sebut Jawa Timur Basis Pabrik Gula dan Petani Tebu Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, saat mendampingi Presiden Joko Widodo di Mojokerto.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, mendampingi Presiden Joko Widodo () saat meninjau kebun tebu sekaligus berdialog dengan sejumlah petani lokal. Agenda tersebut berlangsung di lahan tebu Temu Giring X, Desa Batankrajan, Kecamatan Gedeg, Kabupaten , Jumat (4/11/2022).

Saat itu, mengatakan bahwa kondisi tanah di yang akan ditanam tebu sangat subur dan kualitasnya sangat bagus. Selain Emil Dardak, presiden juga didampingi Menteri BUMN Erick Tohir; Bupati , Ikfina Fahmawati, dan wakilnya, Muhammad Al Barra dan Dirut III.

"Di sini tanahnya sudah sangat subur dan sangat bagus. Bahkan, tebu yang sudah ditanam selama 26 hari hasilnya luar biasa. Bisa kita lihat hasilnya luar biasa," kata .

Melihat potensi tebu yang sangat baik di Indonesia, presiden bakal menyiapkan raturan hektare  (ha) lahan untuk mendukung swasembada gula.

"Kalau kita menyiapkan 700 ha, kita akan mandiri dan kita akan swasembada gula dalam 5 tahun ke depan," tuturnya.

Penanaman tebu seluas 700 ha dianggap sangat potensial di sebagian besar wilayah Indonesia, seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Nantinya, kata , penanaman tebu akan diperluas ke luar Pulau Jawa karena lahan ratusan hektare ini bukanlah lahan yang kecil.

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO