Penjualan Semen Terkontraksi, PT SBI Catat Laba Rp594 Miliar di Kuartal III 2022

Penjualan Semen Terkontraksi, PT SBI Catat Laba Rp594 Miliar di Kuartal III 2022 Petugas PT Solusi Bangun Indonesia saat mengontrol pabrik.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - PT Solusi Bangun Indonesia () mencatat laba bersih sebesar Rp594 Miliar hingga kuartal III tahun. Capaian itu disebabkan adanya kontraksi permintaan semen nasional jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Masa adaptasi selama lebih dari dua tahun masa pandemi membuktikan resiliensi dalam industri yang pasarnya mengalami hiperkompetisi dan inflasi komoditi," kata Direktur Utama , Lilik Unggul Raharjo, Minggu (30/10/2022).

"Volume penjualan semen dan terak relatif stabil dengan kenaikan 1,65 persen menjadi 9,9 juta ton, dan peningkatan pendapatan menjadi sebesar Rp9 triliun atau naik 12,51 persen jika dibandingkan periode sama tahun lalu," imbuhnya.

Ia menyebut, dampak kumulatif kenaikan biaya energi dan bahan bakar pada distribusi menyebabkan kenaikan beban pokok pendapatan, serta biaya distribusi seiring kenaikan volume penjualan. 

Kendati demikian, kata Lilik, sinergi dengan untuk mengoptimalkan penjualan dan optimalisasi efisiensi operasi berhasil membantu mempertahankan laba kotor yang relatif stabil menjadi Rp2 triliun.

"Penurunan beban keuangan turut membantu mempertahankan kinerja positif secara keseluruhan sehingga tercapai Laba Bersih sebesar Rp594 miliar," tuturnya.

Ia mengatakan bahwa PT akan terus mengutamakan fokus keberlanjutan pada setiap upaya perusahaan berinovasi pada produk, layanan dan seluruh kegiatan operasional. Meskipun, dalam setiap pelaksanaan di lapangan menghadapi tantangan.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO