Saluran Mojokopek Direhab Demi Kelancaran Air Irigasi

Saluran Mojokopek Direhab Demi Kelancaran Air Irigasi Kondisi saluran mercu dan sayap hilir Bendungan Mojokopek usai direhab.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk memenuhi kebutuhan air irigasi pertanian di , Kejapanan, dan Carat, Kecamatan Gempol, melalui dinas sumber daya air, cipta karya, dan tata ruang melakukan rehab saluran mercu dan sayap hilir Bendungan Mojokopek.

Rehab saluran irigasi yang dianggarkan sebesar Rp173,53 juta itu dilakukan karena petani setempat kesulitan mengairi sawahnya saat masa tanam tiba.

Menurut H Atim (58), salah satu petani di Dusun Blimbing, Desa Bulusari, bangunan saluran irigasi yang ada sudah banyak yang rusak dan dan ambrol. Dampaknya, air irigasi banyak yang terbuang percuma sehigga berdampak pada minimnya pasokan air saat masa tanam tiba. Kondisi tersebut sudah berlangsung bertahun-tahun.

Ia mengungkapkan, ratusan petani di , Kejapanan, dan Carat memang sangat bergantung pada aliran air irigasi Bendungan Mojokopek.

"Kami atas nama warga dan petani merasa bersyukur saluran irigasi yang rusak dan bocor itu sudah dibangun oleh pemerintah," jelas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dusun Blimbing ini.

Pantauan BANGSAONLINE.com di lapangan, proyek rehab saluran mercu dan sayap hilir itu dikerjakan oleh CV Icha Abadi dengan dengan waktu 60 hari kerja. Namun, pihak kontraktor mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut lebih cepat.

"Alhamdulillah, kita bisa merampungkan pekerjaan di lapangan tak lebih dari 1 bulan, tepatnya 26 hari kerja. Meski cepat, tentunya kita tetap berkomitmen menjaga kualitas mutu pekerjaan agar nantinya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat petani," jelas Drajat, Pimpinan CV Icha Abadi kepada BANGSAONLINE.com.

Terpisah, Hari Aprianto, Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya, dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan menuturkan tujuan rehab saluran tersebut untuk menekan terbuangnya air irigasi akibat bangunan lama yang rusak dan bocor.

"Bila ini tidak segera ditangani, maka para petani akan kesulitan saat masa tanam. Pekerjaan rehab sudah selesai. Harapannya aliran air irigasi pertanian di Desa Bulusari dan sekitarnya bisa lancar," ujarnya. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO