Rabu, 11 Desember 2019 10:46

Jembatan Padangan Bojonegoro Digelontor Rp 12 Miliar untuk Renovasi

Jumat, 08 Mei 2015 15:32 WIB
Jembatan Padangan Bojonegoro Digelontor Rp 12 Miliar untuk Renovasi
BELUM RAMPUNG. Pengerjaan Jembatan Padangan-Kasiman belum sepenuhnya rampung, tetapi sudah banyak warga yang melewatinya. Foto: Eky Nurhadi/BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com – Setelah terbengkalai selama beberapa bulan, jembatan penghubung dua kecamatan yakni Padangan dan Kasiman akhirnya akan segera dikerjakan kembali. Pengerjaan jembatan yang membentang di atas Sungai Bengawan Solo itu meliputi penyempurnaan akses masuk dan penerangan jalan.

Pengerjaan lanjutan pada tahun ini kembali dianggarkan dana senilai Rp 12 miliar. Dana tersebut dianggarkan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bojonegoro untuk mengerjakan penyelesaian akhir jembatan.

“Hanya pengerjaan jembatan, belum termasuk penerangannya,” ujar Kepala DPU Bojonegoro, Andi Tjandra, Jumat (8/5/2015).

Menurut dia, untuk penerangan ada dana sendiri. Namun saat ini pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah anggaran untuk penerangan jembatan tersebut. Pengerjaan jembatan, menurut dia, meliputi perbaikan sisi-sisi jembatan sebelah utara dan selatan agar mudah di lewati.

Dia memastikan, pengerjaan jembatan ini akan dilaksanakan pada Mei atau Juni. Sebab, anggarannya sudah ada tinggal menunggu pelaksanaan dari kontraktor mengenai banyaknya pengendara yang lewat. Menurut dia, secara aturan jembatan masih belum boleh di lewati karena pengamanan dan pencahayaan masih belum ada. Namun, karena jarak Kasiman dan Padangan lebih terpangkas dengan melalui jembatan, akhirnya banyak yang lewat.

“Sebenarnya secara aturan belum boleh dilewati karena belum ada penerangannya,” tandasnya.

Meski belum dibuka secara resmi oleh pemerintah, jembatan ini sudah dilewati banyak pengendara sepeda motor. Bahkan saat malam hari, banyak warga yang melewati jembatan itu.

Fatoni, warga Padangan mengatakan, jembatan Padangan-Kasiman itu memang belum dibuka secara resmi. Namun, kata dia, banyak anak-anak sekolah dan pedagang dari Padangan maupun Kasiman yang melintas di jembatan itu.

“Memang ada papan peringatan dilarang melintas di jembatan itu. Tetapi, warga seolah tidak menggubrisnya dan tetap melewatinya,” ujarnya.

Dia menyayangkan belum adanya penerangan lampu jalan karena bisa membayakan pengendara. Hal tersebut karena jalan masuk di sisi utara dan selatan sangat curam sekaligus licin sebab banyak material seperti batu dan kerikil yang berserakan.

Selain keamanan yang terancam, lanjut Fatoni, potensi tindak kejahatan juga bisa terjadi. Pasalnya, lanjut dia, dirinya kerap memergoki sekelompok pemuda yang minum minuman keras di tempat tersebut. Sehingga, dirinya mengkhawatirkan hal tersebut. “Soalnya kalau malam belum ada penerangan,” tutur dia. (nur/rvl)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...