SKK Migas-EMCL Tanam 10 Ribu Pohon di Pantai Kelapa Tuban

SKK Migas-EMCL Tanam 10 Ribu Pohon di Pantai Kelapa Tuban SKK Migas Jabanusa dan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama masyarakat pesisir melakukan penanaman mangrove di Pantai Kelapa, Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Rabu (28/9/2022).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - SKK Migas Jabanusa dan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama masyarakat pesisir melakukan penanaman di Pantai Kelapa, Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten , Rabu (28/9/2022).

Penanaman sebanyak 10.000 pohon jenis rhizophora itu menjadi bagian Program Penghijauan tahun 2022 yang diinisiasi EMCL dengan menggandeng Lembaga Informasi dan Komunikasi Banyuurip Bangkit (LIMA2B).

Perwakilan SKK Migas, Cindy Koeshardini mengatakan, dalam kegiatan ini, bagian dari program pengembangan masyarakat EMCL yang didukung oleh SKK Migas. Tujuannya, untuk mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan lingkungan dengan penyerapan karbon yang tinggi.

"Kami mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini didukung masyarakat dan stakeholder terkait. Ini wujud kolaborasi yang baik," kata Cindy.

Sementara itu, External Affairs Manager EMCL Ichwan Arifin menyatakan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen EMCL untuk meningkatkan penghijauan di sekitar pesisir pantai. Menurutnya, masyarakat nelayan dan Lamongan memiliki peranan penting dalam kesuksesan operasi Lapangan Minyak Banyuurip.

"Sebanyak 20.800 pohon ditanam di wilayah Jatim yang tersebar di Kabupaten Bojonegoro, , dan Lamongan. Untuk wilayah pesisir sebanyak 10.000 pohon , dan sisanya berupa pohon Gayam, Trembesi, Jambu Air, dan Glodokan Pecut disebar di Kecamatan Gayam, dan Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro," jelasnya.

Ia melanjutkan, operasi migas andalan negara ini, menyalurkan minyak dari Bojonegoro melalui pipa ke Kapal Air Muat Terapung (Floating Storage & Offloading/FSO) Gagak Rimang yang ada di laut . Untuk itu, para nelayan mentaati zona keselamatan di sekitar FSO Gagak Rimang. Zona ini ada pada radius 1,7 km dari lokasi FSO Gagak Rimang.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO