Hadiri Sedekah Bumi dan Gebyar Budaya di Desa Ngembung, Wabup Gresik Pesan ini

Hadiri Sedekah Bumi dan Gebyar Budaya di Desa Ngembung, Wabup Gresik Pesan ini Wabup Aminatun Habibah bersama Camat Cerme Umar Hasyim, dan anggota Fraksi PKB DPRD Gresik Muhamad saat hadir di Sedekah Bumi Desa Ngembung. foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Gresik Amimatun Habibah menghadiri acara Sedekah Bumi dan di , Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Sabtu (4/9/2022).

Ratusan warga bergotong-royong membawa gunungan tumpeng nasi dan hasil bumi. Sementara warga lain ada yang membawa berkat untuk dimakan bersama-sama setelah doa dipanjatkan.

, sapaan Aminatun Habibah menyampaikan, tradisi merupakan perwujudan rasa syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh Tuhan, Allah SWT.

Sedekah bumi, kata Bu Min, juga diartikan sebagai sarana memanjatkan doa, agar selalu diberi keselamatan dan dijauhkan dari bencana.

"Sedekah bumi merupakan tradisi sudah turun-temurun dilakukan oleh pendahulu kita. Sebagai generasi yang mewarisi kebudayaan, hendaknya kita terus memelihara keberadaan tradisi agar kebudayaan ini tetap terlestarikan keberadaannya," ucapnya.

"Hal yang juga perlu diperhatikan adalah pemanfaatannya saja yang diatur sedemikian rupa, sehingga tidak ada makanan yang terbuang," imbuhnya.

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO