1.000 Sambel Wader Majafest 2022 Pecahkan Rekor Muri

1.000 Sambel Wader Majafest 2022 Pecahkan Rekor Muri Bupati Ikfina ketika mengangkat Piagam Muri tentang 1.000 sambel wader terbanyak di Indonesia.

MOJOKERTO, BANGASONLINE.com - Even mencatatkan sebuah rekor baru dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Yaitu, even dengan terbanyak. Sedikitnya, ada seribu loyang sajian dalam perhelatan pesta seni budaya dan pariwisata Kabupaten itu.

Acara yang digelar di 23 - 27 Agustus 2022 ini dimeriahkan berbagai even mulai dari kirab kostum karnaval dari Trashion Carnival, Sendra Tari Full of Majapahit Greatness, dan kesenian bantengan. Risa KDI juga bakal menghibur para pengunjung.

Itu belum termasuk festival makanan khas Kabupaten yang digelar di Lapangan Desa . Festival ini menghadirkan perwakilan dari masing-masing kecamatan untuk menampilkan makanan khasnya. Setiap peserta mengolah makanan khas dengan bahan dasar nasi jagung dan ikan wader, sesuai kreasi masing-masing.

Lantas peragaan busana atau fashion show batik khas Kabupaten bakal menampilkan desain para perajin batik lokal. Para pejabat Pemkab juga akan menampilkan desain batik masing-masing.

Berikutnya, penyerahan penghargaan bakal digelar di Paseban Agung, . Awarding Night Majafest akan digelar pada 27 Agustus 2022.

Pada even ini, Bupati bakal menyerahkan penghargaan terhadap para pemenang lomba pariwisata digital, Tourism Award, dan pemenang lomba desain batik khas Kabupaten .

Menurut Ikfina, merupakan makanan khas Kabupaten yang sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Sambel wader merupakan olahan makanan yang berbahan dasar ikan wader, diolah dengan bumbu khas lokal, dipadukan dengan sambel terasi khas Kabupaten .

"Pada zaman dahulu, para abdi kerajaan ketika ingin menghidangkan makanan untuk keluarga kerajaan, mereka mengambil ikan-ikan kecil dari kolam segaran untuk dijadikan sebagai menu olahan spesial. Sambel wader ini memiliki rasa yang khas dan resep bumbu yang berbeda. Kekuatan rasanya ada pada sambel yang pedas dan segar," ungkapnya.

"Harapannya, kita bersama-sama memecahkan rekor Muri sajian terbanyak ini, akan memberikan kontribusi positif yang luar biasa dalam pemulihan ekonomi di sektor pariwisata dan khususnya wisata kuliner. Kegiatan ini tidak akan terlaksana dengan baik kalau kita semua tidak mempunyai rasa memiliki terhadap budaya Kabupaten khususnya kuliner Kabupaten yaitu, ," imbuhnya.

"Mari, jarinya ini dipakai untuk memviralkan di medsos panjenengan semuanya, dan saya yakin akan semakin menarik dan semakin membuat masyarakat di luar Kabupaten tertarik mengunjungi dan mencicipi kuliner , bagaimana kuliner ini bisa dikenal dan bisa bersaing di kalangan kuliner Indonesia," pungkasnya. (yep/ns) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pohon Tumbang Timpa Warung Wisata Jolotundo Mojokerto':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO