Kuasa Hukum Tersangka Pencuri Kayu Sonokeling di Pasuruan Ungkap Dalang Aksi Penebangan

Kuasa Hukum Tersangka Pencuri Kayu Sonokeling di Pasuruan Ungkap Dalang Aksi Penebangan Tersangka pencurian kayu sonokeling Udin (kiri) didampingi kuasa hukumnya.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Setelah lima bulan dalam proses penyidikan , kasus pencurian pohon sonokeling akhirnya menemui titik terang. Pelaku bernama Udin asal Desa Ngembe Kecamatan Beji sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Penetapan tersangka tersebut dibenarkan oleh Muhajir, kuasa hukum Udin, Jum’at (19/08), saat mendampingi pemeriksaan pertama terhadap kliennya.

"Ini pemeriksaan pertama kali sebagai tersangka dugaan pencurian kayu yang disangkakan oleh klien kami," jelasnya.

Muhajir berdalih bahwa kliennya merupakan korban dari aksi pencurian ini. Sebab, masih ada dalang yang memberikan perintah guna memotong .

"Klien kami berani melakukan pencurian kayu karena perintah yang didapatkan dari salah satu oknum NGO dan juga oknum wartawan. Klien saya diberi perintah oleh salah satu oknum LSM berinisial G. Ini masih kami dalami lagi untuk kasus yang saat ini dialami," terangnya.

Terpisah, Kanit Tipikor , Ipda Bambang Sutedja membenarkan penetapan tersangka dan dijerat pasal 363 terkait pencurian.

Menurutnya, penetapan tersangka sudah diilakukan dua minggu sebelumnya. Saat ini, pihaknya melakukan pengembangan untuk mengetahui ada atau tidaknya tersangka lain.

"Jika ada pelaku lain nantinya dalam pengembangan, akan dilakukan penetapan tersangka lainnya. Saat ini berkas tersangka Udin akan segera dikirim di JPU," tutupnya saat dihubungi melalui seluler

Seperti diberitakan sebelumnya, melakukan tangkap tangan atas dugaan pohon sonokeling di Sudan, Desa Kemirisewu, Kecamatan Pandaan.

Beberapa pihak yang diduga terlibat dan mengetahui kasus perkara ini telah dipanggil pihak kepolisian untuk dimintai keterangan oleh penyidik. Tak hanya itu saja, polisi juga mengamankan beberapa alat bukti di antara pohon sanokeling, mobil truk, dan alat pemotong kayu. (ard/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Rumah Dua Pengedar Sabu di Pasuruan Digerebek Polisi, Satu di antaranya Menangis Histeris':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO