Target Imunisasi 83.519 Anak, Bupati Kediri: Jangan Sampai Kendor

Target Imunisasi 83.519 Anak, Bupati Kediri: Jangan Sampai Kendor Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat memberi sambutan dalam pencanangan BIAN di Desa Tanjung. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - menargetkan sebanyak 83.519 anak dapat diimunisasi selama  (BIAN). Target itu disampaikan saat pencanangan BIAN Kabupaten Kediri di , Kecamatan Pagu, Rabu (3/8/2022).

Untuk mewujudkan target tersebut, ia meminta petugas imunisasi anak tak kendor. "Sudah saya sampaikan sejak pandemi gelombang tiga atau covid mulai mereda, BIAN ini jangan sampai kendor," kata Dhito, sapaan .

Ia meminta momen meredanya kasus Covid-19 dimanfaatkan untuk menggenjot imunisasi pada anak. 

"Harapannya imunisasi anak ini bisa tuntas bagi anak-anak kita yang memang berhak dan wajib mendapatkan. Karena ada beberapa penyakit yang memang bisa diantisipasi dengan imunisasi," ucapnya.

Ia meminta pelaksanaan imunisasi anak meniru vaksinasi Covid-19. Yakni, masing-masing kecamatan sudah punya data rinci terkait jumlah anak yang harus diimunisasi. Sehingga, BIAN dapat berjalan sukses dan target 83.519 bisa tercapai.

"Data itu nanti dilaporkan ke dinkes, dicocokkan datanya sama dengan bagaimana saat kita melakukan vaksin covid," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri Ahmad Khotib menjelaskan BIAN adalah program imunisasi massal kepada anak agar terlindung dari penyakit seperti PD3I (polio, hepatitis B, pertusis, difteri, haemophilus influenzae tipe B, campak, dan tetanus).

Ada sebanyak 83.519 anak usia 9-59 yang menjadi sasaran BIAN kali ini. Jumlah itu ditargetkan rampung dalam 30 hari di bulan Agustus. Adapun imunisasi dilaksanakan di 1.704 posyandu di tiap-tiap desa.

"Dalam imunisasi ini ada penyuntikan untuk campak rubella (MR) tanpa memandang status imunisasi sebelumnya, karena secara nasional ini (campak rubella) masih tinggi kasusnya," bebernya.

Meski demikian, Ahmad Khotib memastikan sejauh ini belum ada warga atau anak yang terdeteksi terpapar campak rubella di Kabupaten Kediri. (kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO