Pabrik Gula RMI Blitar Ditetapkan Jadi Objek Vital Nasional

Pabrik Gula RMI Blitar Ditetapkan Jadi Objek Vital Nasional Direktur PT RMI Bobby S Laluyan melakukan penandatanganan kerja sama pengamanan pabrik gula dengan Polres Blitar, Kamis (28/7/2022).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pabrik gula (RMI) di Desa Rejoso, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar ditetapkan sebagai () bidang industri oleh Kementerian Perindustrian.

Menindaklanjuti hal itu, Direktur Bobby S Laluyan melakukan penandatanganan kerja sama dengan Polres Blitar, Kamis (28/7/2022).

"Dengan ditandatanganinya kerja sama ini kami berharap kewajiban pengamanan dapat berlangsung dengan baik sehingga operasional produksi gula oleh dapat berjalan lancar. Pada akhirnya, kelancaran operasional pabrik diharapkan juga dapat meningkatkan kontribusi kami pada upaya pemerintah mengejar target swasembada gula," ujar Bobby.

Dia menambahkan, kapasitas produksi gula saat ini sebesar 10.000 ton tebu per hari. Dengan hal itu, dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam produksi gula nasional jika kapasitas tersebut dapat terpenuhi maksimal.

"Penetapan pabrik gula sebagai sendiri telah menambah keyakinan kami untuk terus meningkatkan produksi gula, yang oleh perundang-undangan juga telah ditetapkan sebagai barang kebutuhan pokok dan barang penting yang peningkatan produksinya wajib didorong oleh pemerintah termasuk pemerintah daerah," imbuhnya.

Bobby mengatakan, optimalnya produktivitas pabrik gula akan menjadikan Blitar sebagai salah satu lumbung gula nasional penting.

"Kami berharap kehadiran RMI di Blitar diterima dan menjadi bagian dari identitas Blitar yang patut dibanggakan," terangnya.

Selain itu, lanjut Bobby, saat ini 70 persen lebih dari pekerja pabrik gula adalah warga Kabupaten dan Kota Blitar. Lebih dari itu, kehadiran dan operasional pabrik gula juga telah memberikan efek ganda secara ekonomi bagi Blitar dan masyarakatnya secara langsung maupun tidak langsung.

"Kami berharap seluruh stakeholder menjaga dan membesarkan aset ini untuk kemajuan kita bersama dan berkontribusi mewujudkan swasembada gula sebagai program yang telah dicanangkan pemerintah," pungkasnya. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO