Fix, Adhy Karyono Sekdaprov Jatim, Bakal Dilantik Pekan ini

Fix, Adhy Karyono Sekdaprov Jatim, Bakal Dilantik Pekan ini Adhy Karyono bersama Gubernur Khofifah dalam suatu momen. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Teka-teki Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur definitif terjawab sudah. Sumber BANGSAONLINE.com di Jakarta menyebut nama Adhy Karyono sudah ditetapkan sebagai Sekdaprov pengganti Pj Sekdaprov Wahid Wahyudi yang memasuki masa pensiun.

Adhy Karyono adalah Staf Ahli Bidang Perubahan dan Dinamika Sosial. Ia menyisihkan dua nama lain yang menjadi kompetitornya, Jumadi (Kepala Dinas Kehutanan) dan Nurkholis (Kepala Dinas ESDM). Tiga nama ini adalah nama yang dikirim pansel ke Tim Penilai Akhir (TPA).

Pekan ini, pelantikan Adhy Karyono akan dilaksanakan. Rencananya pada Jumat, 15 Juli 2022 di Gedung Negara Grahadi. Sesaat setelah kepulangan dari Ibadah Haji.

Sinyal pelantikan itu menguat setelah Khofifah mempercepat rencana kepulangannya ke Tanah Air. Hal itu berdasarkan informasi Khofifah di akun instagram khofifah.ip. Semula orang nomor satu di Jawa Timur itu berencana pulang pada 23 Juli 2022, sesuai izin cuti dari mendagri.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Jatim, Ali Kuncoro membenarkan rencana kepulangan Gubernur Khofifah pada Rabu 13 Juli 2022.

"Inshalloh tanggal 13 pagi Bu Gub sampai Cengkareng," terangnya, Senin (11/07/2022) malam.

Dekan Fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdus Salam mengungkapkan tantangan Sekda Provinsi Jatim di tahun politik sungguh tidak mudah, kompleks dan juga rumit. Diperlukan kehati-hatian ekstra. Sebab bagaimanapun posisi sekda berada dalam wilayah irisan yang tipis antara sebagai birokrat politik dan birokrat profesional.

Karena itu, lanjut Surokim, memadukan dua kepentingan itu sungguh tidak mudah, butuh skill seni kepemimpinan politik tinggi. Konteks tahun politik juga menuntut dan membutuhkan kepiawaian dalam mengelola birokrasi dan bandul politik sehingga bisa selaras dan fungsional untuk kinerja pemprov.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO