Menko PMK Muhadjir Effendy akan Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Posyandu

Menko PMK Muhadjir Effendy akan Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Posyandu Menko PMK Muhadjir Effendy didampingi Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pemerintah berencana meningkatkan di pos pelayanan terpadu (posyandu) di desa dan kelurahan, sehingga tidak hanya melayani bayi dan ibu hamil.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan () Muhadjir Effendy di sela-sela Pelantikan Majelis Daerah Korps Alumni HMI () dan Forum Alumni HMI-Wati (Forhati) Kabupaten Sumenep, di Pendopo Agung Keraton, Sabtu (02/07/22) kemarin.

Menurutnya, keberadaan posyandu sangat dibutuhkan sebagai upaya promotif dan preventif kesehatan kepada masyarakat.

Selama ini, posyandu hanya melayani bayi, ibu hamil, dan mengatasi stunting. Namun, posyandu bakal dikembangkan pada layanan kesehatan lainnya, yakni lansia dan remaja.

Pengembangan layanan posyandu dilakukan dalam rangka membangun sumber daya manusia (SDM) di tingkat desa dan kelurahan. Karena selain mereka mendapat layanan kesehatan juga bimbingan, baik kepada remaja putri dan lansia.

"Pelayanan lansia dan remaja ini salah satunya adalah bimbingan terhadap remaja putri sampai lansia," jelasnya.

Dikatakannya, saat ini Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin sedang melakukan program transformasi sistem ketahanan kesehatan Indonesia, termasuk untuk posyandu.

Dalam hal ini, pemerintah akan memberikan bantuan peralatan, termasuk obat-obatan. Sehingga posyandu tidak hanya melayani kesehatan bayi dan ibu hamil saja, namun juga remaja dan lansia.

“Pemerintah membantu peralatan, termasuk di dalam juga obat-obatannya,” pungkasnya. (aln/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO