Hewan Ternak Sapi di Sampang Mulai Disuntik Vaksin Pencegah PMK

Hewan Ternak Sapi di Sampang Mulai Disuntik Vaksin Pencegah PMK Petugas vaksinator saat menyuntikkan vaksin sapi ternak di Pengarengan. (Foto: MUTAMMIM/ BANGSAONLINE.com)

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) Sampang mulai melakukan penyuntikan vaksinasi terhadap sapi yang terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK), Sabtu (25/6/2022).

Vaksinasi pertama sebanyak 100 dosis didistribusikan ke sapi milik warga Dusun Gubbu dan Capo, Desa Panyirangan, Kecamatan Pengarengan. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK di Kabupaten Sampang.

Kepala Disperta KP Sampang, Suyono, mengatakan ada sebanyak 50 petugas yang digerakkan di 14 kecamatan untuk menangani virus PMK, dengan melakukan penyuntikan vaksin ke hewan ternak sapi. Saat ini, Disperta KP Sampang menerima alokasi vaksinasi PMK sebanyak 2.000 vaksin.

"2.000 vaksin ini akan menyasar pada sapi yang belum terinfeksi PMK atau sapi yang sembuh dari virus PMK. Tetapi, harus melewati batas waktu 60 hari terhitung sejak kesembuhannya," ucapnya.

Ia menjelaskan, vaksinasi terhadap 100 sapi tersebut hanya satu botol. Jika satu botol ini sudah dibuka, maka harus digunakan sampai habis. Artinya, jika satu botol masih ada sisanya, maka harus digunakan ke kecamatan lainnya.

"Penyuntikan vaksinasi untuk hewan ternak sapi akan dilakukan secara bertahap. Adapun untuk biaya vaksinasi ini digratiskan oleh pemerintah," paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO