Gegara Diklaim Negara Tetangga, Paguyuban Reog Gelar Demo di Alun Alun Ambulu Jember

Gegara Diklaim Negara Tetangga, Paguyuban Reog Gelar Demo di Alun Alun Ambulu Jember Paguyuban Reog se-Jember Selatan saat menggelar Orasi Reog Ponorogo di Alun-Alun Ambulu, Minggu (17/4/2022).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Paguyuban se- Selatan, hari ini, Minggu (17/4/2022), menggelar Orasi Ponorogo di Alun-Alun Ambulu. Hal ini sebagai reaksi atas klaim negara tetangga yakni Malaysia terhadap kesenian reog.

Dalam orasinya, seniman reog serentak menyerukan bahwa reog merupakan hasil kebudayaan Indonesia.

"Kami tidak rela untuk kehilangan reog budaya kami. milik Indonesia! milik kita! milik Ponorogo!" teriak para seniman yang hadir berorasi.

Sementara itu, dulur-dulur paguyuban juga dibarengi oleh kawan-kawan PDI Perjuangan PAC Ambulu. Dalam kesempatannya, Alfan selaku anggota DPRD fraksi PDIP menyampaikan bahwa kekuatan kebudayaan adalah kekuatan persatuan.

"Ketika , hasil kebudayaan asli Indonesia berusaha diklaim negara lain, maka terjadi reaksi di seluruh negeri untuk membela reog, tanpa ada yg mengkomandoi. Ini membuktikan kekuatan budaya dapat mempersatukan bangsa." ungkap Alfan.

Selaku wakil rakyat, Alfan juga mengapresiasi pemerintah yang telah mendaftarkan sebagai warisan budata tak benda kepada UNESCO, agar diakui milik Indonesia.

"Tenang, pemerintah sudah mendaftarkan Ponorogo ke UNESCO tertanggal 18 Februari 2022. Mari kita apresiasi langkah yang sudah diambil pemerintah kita." imbuhnya.

Kendati demikian, para seniman reog mengaku masih melestarikan kebudayaan ini secara swadaya. Besar harapan mereka, pemkab juga harus serius merawat dan berkontribusi dalam pelestarian Ponorogo di . (yud/bil/ari) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO