Mencicipi Lezatnya Nasi Boranan, Kuliner Khas Lamongan jadi Menu Favorit Buka Puasa

Mencicipi Lezatnya Nasi Boranan, Kuliner Khas Lamongan jadi Menu Favorit Buka Puasa Sejumlah warga sedang asyik menikmati nasi boranan yang dijajakan seorang penjual makanan khas Lamongan ini.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Salah satu kuliner khas yang menjadi favorit untuk berbuka puasa saat bulan adalah Nasi Boranan. Makanan khas ini berasal dari Desa Kaotan, Kecamatan Kota. Hampir semua wanita di wilayah ini pandai membuatnya.

Ciri khas nasi boran adalah wadah atau tempat yang digunakan si penjual, yakni boran yang terbuat dari dari anyaman bambu. Sementara bumbu yang digunakan juga memiliki cita rasa yang berbeda dengan masakan lain.

Pantauan BANGSAONLINE.com, menjelang waktu berbuka puasa, para penjual nasi khas itu sibuk melayani pembeli. Para pedagang nasi baronan itu ada di beberapa titik yakni di Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Basuki Rahmat, di sekitar Pasar Baru , dan Jalan Panglima Sudirman.

Sukriyah, salah satu penjual di lingkungan Plaza, Kamis (14/4/2022) mengatakan bahwa saat omzetnya naik. Apalagi menjelang saat buka puasa, jumlah pembeli lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa.

"Kalau bulan puasa kita bisa laku hampir dua kali lipat dari hari biasa,sehingga jumlah porsinya ditambah lebih banyak," ungkapnya.

(Seorang penjual sedang melayani pembeli)

Menurutnya, nasi baronan yang terdiri dari berbagai macam lauk misalnya sili, ayam, kutuk, bandeng, jeroan, telur, udang, tahu, tempe, dadar ditambah rempeyek, dan sayuran itu dijual dengan harga terjangkau. Untuk satu porsi Rp8.000 - Rp20 ribu. "Harganya cukup murah, tergantung lauk yang diminta, nanti harganya beda lagi," terangnya.

Farid, penikmat kuliner asal Bojonegoro mengaku dirinya sengaja datang ke untuk mencicipi rasa khas saat berbuka puasa. "Nasi boranan yang hanya ada di inilah yang membuat saya sangat tertarik mencicipinya," ungkapnya.

Menurutnya, selain harganya yang tergolong murah, cita rasanya sangat berbeda dibanding masakan lainya. "Setiap kali lewat hampir dipastikan saya sempatkan mampir untuk menikmati yang memang hanya ada di ," pungkasnya. (qom/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO