Uji Laboratorium Jajanan Takjil di Kota Blitar Tunjukkan Hasil Tak Terduga

Uji Laboratorium Jajanan Takjil di Kota Blitar Tunjukkan Hasil Tak Terduga Uji laboratorium jajanan takjil di Kota Blitar.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar bersama menggelar pengecekan makanan dan minuman yang dijajakan di pusat takjil, .

, , mengatakan bahwa pemeriksaan yang dilakukan merupakan kegiatan rutin sebagai bentuk pembinaan kepada para pedagang bagaimana menyajikan makanan yang aman, sehat, dan bergizi.

"Kemudian kami juga melakukan uji petik. Kita periksa on the spot, apakah mengandung bahan terlarang bagi makanan atau tidak," tuturnya, Rabu (13/4/2022).

Sementara itu, petugas , Rusdiyah Fatatik, menuturkan ada 25 sampel makanan dan minuman yang diuji. Di antaranya seperti dawet, pentol bakso, sosis, nuget, hingga kerupuk.

"Kita lakukan uji rapid tes atau tes cepat dengan parameter uji rodamin B dan bahan borak dan formalin," kata Rusdiyah.

Hasilnya mengejutkan, semua makanan dan minuman yang diuji negatif bahan berbahaya berupa rodamin B, borak, dan formalin.

"Semua negatif, artinya semua pedagang sudah mendapat edukasi. Pengetahuan mereka lebih baik sekarang," pungkasnya. (ina/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO