692 ASN Kabupaten Blitar Pensiun, 60 Persen Guru

692 ASN Kabupaten Blitar Pensiun, 60 Persen Guru Pembekalan PNS menjelang purna tugas.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Setiap tahun, ratusan ASN di Kabupaten Blitar memasuki purna tugas atau pensiun. Hingga sejak tahun 2021 lalu, hingga Maret 2022, ada sebanyak 692 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Blitar yang pensiun, di mana 60 persennya merupakan guru.

"Kalau jumlah ASN sampai saat ini semuanya sekitar delapan ribu. Yang pensiun tahun ini hampir 700, mayoritas adalah guru," kata Joko Wiyono, Kepala Bidang Pengadaan Pembinaan dan Pemberhentian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Blitar, Jumat (25/3/2022).

Dengan kondisi ini, ia berharap kuota perekrutan CPNS di Kabupaten Blitar disesuaikan dengan jumlah PNS yang pensiun.

"Tentunya pemenuhan ASN tak lain agar kinerja di instansi terkait bisa maksimal. Mengingat jika kekurangan tenaga, seringkali setiap ASN mendapat tugas dobel," imbuhnya.

Joko menambahkan, setiap ASN yang memasuki masa purna akan dibekali pelatihan ringan. Karena usia pensiun sudah tidak produktif.

"Kalau untuk tahun ini, ASN yang memasuki masa purna kita bawa ke Wonojati Malang untuk diberikan pembekalan ringan. Sehingga diharapkan mental mereka benar-benar siap menjalani masa pensiun," pungkasnya. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO