Pladu, Pemkot Kediri Pantau Aktivitas di Sungai Brantas

Pladu, Pemkot Kediri Pantau Aktivitas di Sungai Brantas Petugas BPBD Kota Kediri saat memantau aktivitas warga yang hendak mengambil ikan di Sungai Brantas. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri melalui badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) melakukan pemantauan di sepanjang yang masuk wilayahnya. Ini dilakukan untuk mengawasi aktivitas masyarakat menangkap ikan karena fenomena pladu (ikan mabuk) akibat dibukanya pintu .

Kepala Pelaksana (Kalaksa) , Indun Munawaroh, ikut turun langsung memantau rutinitas tahunan yang paling ditunggu-tunggu itu. Pihaknya bersama instansi terkait menyusuri sekaligus melakukan edukasi kepada warga yang menangkap ikan.

“BPBD bersama dengan satpol PP dan damkar melakukan penyusuran sungai untuk memastikan keadaan dan keamanan warga. Sekaligus kami juga berikan edukasi supaya lebih berhati-hati saat melakukan pladu,” ujarnya, Selasa (22/3).

Ia menegaskan, BPBD tidak melarang kegiatan yang sudah menjadi budaya di masyarakat setempat. Tapi, masyarakat diimbau waspada. Sebab, debit air meninggi dengan arus cukup deras sehingga membuat tanah sedimen di sekitar bibir sungai jadi lembek.

"Takutnya masyarakat jika tidak berhati-hati dapat terperosok dan membahayakan diri mereka sendiri," tuturnya sambil memaparkan bahwa pemantauan tetap dilakukan oleh petugas.

"Biasanya sore itu warga mulai ramai, kami tetap siagakan tim untuk memantau dan melakukan pengamanan di , terutama di tempat-tempat yang biasanya dimanfaatkan warga untuk pladu, seperti di sekitar dan Semampir," paparnya menambahkan.

Sementara itu, Kepala , Eko Lukmono Hadi, menyebut pihaknya juga menyiagakan personelnya untuk ikut melakukan pengamanan di sepanjang yang masuk wilayah Kota Tahu.

"Anggota kami siagakan untuk memastikan aktivitas pladu pada hari ini berjalan aman, sembari kami juga terus memberikan edukasi kepada masyarakat supaya tetap berhati-hati," kata Eko. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO