Gandeng UMKM Sidoarjo, Abdimas Umsida Beri Bekal Tata Kelola Manajemen Keuangan

Gandeng UMKM Sidoarjo, Abdimas Umsida Beri Bekal Tata Kelola Manajemen Keuangan Tim Abdimas Umsida Sidoarjo saat memberikan pelatihan manajemen keuangan kepada pelaku UMKM.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menggelar program pengabdian masyarakat (Abdimas) berupa pelatihan manajemen keuangan untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Kegiatan yang bekerja sama dengan para UMKM di Desa Kenongo, Kecamatan Tulangan, itu dimulai sejak bulan Januari tahun 2022 ini.

Santi Rahma Dewi, Dosen Akuntansi yang juga masuk dalam tim inti abdimas, menjelaskan jika program ini adalah bentuk pengabdian bidang pendidikan dalam mendampingi UMKM lokal.

Menurutnya, pendampingan UMKM dirasa sangat perlu dikarenakan masih banyaknya pelaku UMKM yang belum bisa mengelola keuangan dengan baik.

“Tujuan kita sebenarnya sederhana, yakni kita ingin mendampingi serta memberi bekal untuk UMKM yang belum bisa melakukan tata kelola keuangan serta manajemen pembukuan sederhana,” ujar Santi, Senin (21/3/22).

Ia menyampaikan, bahwa pendampingan tersebut memiliki banyak manfaat bagi UMKM, salah satunya sebagai acuan untuk membuat pembukuan. Hal itu berguna jika di kemudian hari membutuhkan dana tambahan untuk usahanya.

“Apabila UMKM membutuhkan dana, maka pembukuan tersebut bisa digunakan sebagai acuan bagi pihak ketiga atau pemberi dana untuk UMKM tersebut,” terangnya.

Selanjutnya, pihaknya juga akan melakukan pendampingan dan memberikan panduan kepada UMKM agar bisa mendapatkan pinjaman dana dari pihak ketiga melalui sarana digital. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO