Gejolak Minyak Goreng, Ini Langkah Pemkot Kediri Bantu UMKM

Gejolak Minyak Goreng, Ini Langkah Pemkot Kediri Bantu UMKM Salah satu pelaku UMKM saat menunjukkan jari kelingkingnya yang sudah dicelupkan ke tinta, usai mendapatkan satu doz minyak goreng. (Foto: Ist.)

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah melakukan langkah taktis untuk mengatasi gejolak harga yang dirasakan UMKM . Pemkot menggelr operasi pasar migor untuk masyarakat dan program khusus 'Minyak Goreng untuk UMKM'.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) mendistribusikan ratusan liter bagi UMKM yang sebelumnya sudah mendaftar secara online.

Kepala Disperdagin Tanto Wijohari mengatakan, program 'Minyak Goreng untuk UMKM' ini sebenarnya sudah dirancang sejak awal Maret lalu.

"Tujuan awal waktu itu adalah membantu pelaku UMKM yang waktu itu kesulitan mendapatkan ," katanya, Sabtu (19/3/2022).

Meskipun aturan harga eceran tertinggi (HET) kemasan sudah dicabut per 16 Maret 2022, program ini tetap relevan untuk membantu UMKM mendapatkan dengan harga terjangkau. 

"Jadi masih relevan, meskipun sekarang pasokan minyak mulai tersedia," imbuhnya.

Ke depannya, kegiatan seperti ini dimungkinkan untuk dibuka kembali. Namun disperdagin belum menentukan mekanisme dan waktu pelaksanaan. 

"Sesuai arahan Bapak Wali Kota, bagaimanapun Pemkot Kediri sedapat mungkin harus hadir membawa solusi untuk membantu warganya," pungkas Tanto.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO