Turunkan Angka Stunting dan Bizi Buruk, Pemkab Madiun Gencar Sosialisasikan Gemarikan

Turunkan Angka Stunting dan Bizi Buruk, Pemkab Madiun Gencar Sosialisasikan Gemarikan Nur Basuki menyerahkan bantuan ikan untuk dikonsumsi kepada peserta sosialisasi Gemarikan dan sekaligus sebagai pembudidaya ikan lele dalam ember.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Sosialisasi program Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) untuk menurunkan angka stunting dan gizi buruk terus dilancarkan di Kabupaten oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang bekerja sama dengan Komisi IV .

Hal itu membuat Pemkab melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten langsung ikut menyikapi adanya program tersebut. Terbukti dengan adanya program bagi kelompok budidaya ikan yang ada di wilayah Kabupaten .

"Kita bisa mengembangkan budidaya ikan air tawar, karena kita jauh dari laut. Selama ini kita sudah membina beberapa pembudidaya ikan," terang Nur Basuki selaku Kepala Bidang Perikanan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten kepada BANGSAONLINE.com usai sosialisasi gemar makan ikan di Gedung Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten , Minggu (13/3/2022).

Sebenarnya secara global hasil produksi dari para pembudidaya ikan dan hasil olahan dari bahan ikan tahun kemarin sudah mengalami kenaikan. Namun belum bisa menurunkan harga beli bagi masyarakat.

"Harga jual ikan di pasar sendiri masih lumayan tinggi karena kebutuhan ikan kita masih mengambil dari daerah lain dan pakan pabrikan juga masih relatif tinggi," tambahnya.

Dengan keadaan tersebut, Nur Basuki berharap untuk dapat meningkatkan lagi kapasitas hasil panen ikan dan pembuatan pakan bagi ikan. Sehingga, bisa semakin menurunkan harga ikan di pasaran.

"Kita pingin budidaya ikan semakin tumbuh. Sehingga kita bisa berswasembada ikan. Maka kita menangkap semua program yang ada untuk masyarakat budidaya ikan. Dan tadi kita juga dengar bahwa ada bantuan alat pembuat pakan ikan. Itu akan kita kejar," tegas Nur Basuki.

Hal tersebut dibenarkan oleh Nuryanto sebagai tenaga ahli dari Komisi IV dari fraksi PKB yang mewakili H. Muhtarom (karena lagi isoman sehingga tidak bisa hadir) dalam sosialisasi gemar makan ikan di wilayah Kabupaten , termasuk program-program yang bisa digunakan dan dikembangkan di kabupaten.

"Kita tahu bahwa gizi ikan lebih banyak dari pada telur dan daging. Maka kita perlu meningkatkan produksi serta bisa semakin menurunkan harga. Dan kita bisa mengembangkan budidaya ikan. Dan banyak program budidaya ikan. Mulai dari pemberian bibit, biflok, budidaya ikan dalam ember serta nanti pembuatan pakannya," terang Nuryanto.

Adapun pelaksanaan semua program-program tersebut, Nuryanto menerangkan bahwa para kelompok budidaya ikan bisa langsung menghubungi Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten . (dro/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Melanggar PPKM Darurat, Warung/Resto di Kota Madiun Bisa Ditutup Selama 3 Hari':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO