Bupati Kediri Ajak Milenial Lestarikan Wayang

Bupati Kediri Ajak Milenial Lestarikan Wayang Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono dengan wayang kulit bernama Wisanggeni. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri, , mengajak milenial melestarikan wayang. Hal ini perlu dilakukan karena Kabupaten Kediri memiliki banyak kesenian dan kebudayaan yang harus dijaga.

“Kabupaten Kediri ini mempunyai kekayaan budaya dan kesenian yang sangat besar, terutama wayang. Di Kabupaten Kediri ada wayang khas yang harus dilestarikan, namanya ,” ungkapnya, Sabtu (19/2).

Tidak hanya , apa pun kekayaan budaya dan peninggalan sejarah yang dimiliki Kabupaten Kediri, kata Dhito harus dilestarikan. Terlebih, oleh kalangan milenial.

“Cara melestarikannya bagaimana, kaum milenial ini bisa terus membuat video, foto, hingga infografis yang disebarkan di sosial media. Juga untuk terus digaungkan sehingga semua kesenian tidak musnah dan diakui bangsa lain,” terangnya.

Menurutnya, pelestarian ini juga menjadi tugas dari Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kediri (DK4) yang baru dikukuhkan agar tak terjadi perusakan atau pemusnahan kekayaan budaya. 

Sementara Ketua DK4, Imam Mubarok, menyebutkan pelestarian kesenian dan kebudayaan adalah tanggung jawab yang harus diemban oleh semua lini masyarakat.

“Perhatian kita semua bahwa sisi kearifan lokal ini harus terjaga,” katanya.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO