Wujudkan Pasar Sehat dan Berdaya, Pemkab Mojokerto Gencar Lakukan Gerakan Juminten Ayu

Wujudkan Pasar Sehat dan Berdaya, Pemkab Mojokerto Gencar Lakukan Gerakan Juminten Ayu Tampak H Iwan Abdillah, Kadisperindag bersama semua pegawainya sedang melakukan bersih-bersih Pasar Dinoyo.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Disperindag terus menggencarkan gerakan Juminten Ayu artinya Jum'at Indah Tertib Nyaman Ayu Bersih Bersih Pasar, di seluruh pasar yang ada di wilayah Kabupaten . Tujuanya untuk mewujudkan pasar yang bersih, indah, aman, dan nyaman serta berdaya sebagai bagian pusat kegiatan peningkatan perekonomian.

Hal itu disampaikan langsung oleh H Iwan Abdillah selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten , di ruang kerjanya Jum'at (11/2/2022).

Menurutnya, Disperindag menggencarkan Gerakan Juminten Ayu atau Jum'at Indah Tertib Nyaman Ayu Bersih Bersih Pasar itu, juga untuk mendukung program Bupati Ikfina bahwa terciptanya pasar yang bersih, sehat, aman dan nyaman serta pasar berdaya dengan berfokus pada pembudayaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan pasar.

"Gerakan Juminten Ayu tersebut untuk mewujudkan pasar tradisional yang sehat, bersih, aman, nyaman, tertib dan higienis, serta dapat menciptakan kemandirian komunitas pasar, membina perilaku pedagang, pengelola dan pengunjung pasar untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat," jelas H Iwan Abdillah.

Gerakan Juminten Ayu itu dilaksanakan setiap hari Jumat di masing-masing pasar yang telah terjadwal. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dengan melibatkan seluruh pegawai dan paguyuban pedagang telah melaksanakan bersih bersih pasar atau kerja bakti dilingkungan pasar. Diantaranya, program gerakan Juminten Ayu itu telah menyasar Pasar Kedungmaling dan Pasar Dinoyo.

"Kita harus mengakui bahwa, pasar memiliki peranan vital perekonomian bagi masyarakat. Selain itu, pasar juga merupakan pusat interaksi sosial komunitas untuk menjadi indikator dalam pergerakan pertumbuhan perekonomian. Di samping, dapat standar kebersihan pasar yang meningkat, pasar akan menjadi tempat favorit untuk berbelanja karena situasinya yang bersih, sehat, aman dan nyaman," terang Mas Iwan, sapaan akrabnya. (ris/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO