Koperasi di Kabupaten Malang Diminta untuk Aktif

Koperasi di Kabupaten Malang Diminta untuk Aktif Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto.

MALANG, BANGSAONLINE.com , , meminta di wilayahnya untuk selalu eksis dan aktif. Menurut dia,  adalah pilar ekonomi dan perannya saat ini semakin vital.

“Koperasi harus berperan aktif dan tetap eksis, serta menjadi sentral dalam mewujudkan ketahanan ekonomi nasional,” ujarnya saat membuka Rapat Kinerja Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (wil) Jawa Timur 2022, Minggu (23/1) malam.

Didik menilai, juga bagian dari tiga pilar ekonomi bangsa bersama BUMN dan BUMD. Maka dari itu, ia menyebutkan bahwa  harus terkelola secara efisien dan efektif.

Koperasi, lanjut Didik, harus mempunyai SDM yang berkompeten dan handal. Bahkan, memerlukan partisipasi aktif seluruh anggotanya agar mampu bergerak dinamis dalam menjawab berbagai tantangan zaman yang semakin kompleks.

Ia pun menegaskan pentingnya gerakan transformasi . Dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kata Didik, sudah harus bersandar pada sistem digital (e-commerce) sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada anggota dan kepada masyarakat.

wil Jawa Timur hendaknya juga dapat menyusun program dan langkah strategis yang selaras. Koperasi pun harus mampu bersinergi dengan program pembangunan yang ada di daerah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum , Sri Untari Bisowarno, mengakui kemajuan menghadapi tantangan di tengah era digital ini. Ia meyakini, bisa membangun digitalisasi dan meningkatkan jaringan usaha dengan memantapkan semangat kemandirian.

”Harus membangun manajemen dengan baik. Karena tantangan dalam itu SDM, struktur dan sistem, serta pengawasan. Setelah itu baru masuk pada era digitalisasi dengan ekosistem agar dapat bergerak secara nasional maupun sampai pada tingkat dunia,” kata Sri. (thu/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO