​Pemprov Jatim Bertindak Cepat, Hari Ini Water Bombing Atasi Karhutla Gunung Arjuno | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Pemprov Jatim Bertindak Cepat, Hari Ini Water Bombing Atasi Karhutla Gunung Arjuno

Editor: Tim
Senin, 14 Oktober 2019 09:39 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. foto: Istimewa/ BANGSAONLINE.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemprov Jawa Timur mengambil langkah cepat menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Welirang. Gubernur langsung berkoordinasi dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana () untuk meminta bantuan pemadaman melalui udara (water bombing).

“Kami sudah mengirim surat dan kordinasi langsung dengan Kepala untuk meminta bantuan water bombing mengatasi karhutla di kawasan Welirang mengingat area terdampak karhutlanya cukup curam. Insyaallah hari Senin, (hari ini, 14 /10) helikopter untuk water bombing yang sedang digunakan di Jawa Barat untuk memadamkan karhutla di Gunung Malabar, akan dikirim ke Jawa Timur,” kata di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (13/10).

mengatakan, pemadaman karhutla melalui teknik water bombing ini sangat diperlukan mengingat medan yang cukup berat dan titik lokasi kebakaran hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih lima jam. Selain itu, cuaca juga kurang mendukung di mana angin bertiup sangat kencang.

“Pemadaman dengan cara manual sebenarnya sudah kami lakukan. Namun dengan ketinggian dan medan tebing curam 60 derajat ditambah angin kencang, sudah empat hari ini tidak membuahkan hasil. Untuk efektivitas serta efisiensi dan mencegah karhutla semakin meluas, teknik water bombing ini sangat mendesak kita perlukan,” tegasnya.

Upaya pemadaman karhutla di Welirang ini sendiri terus diupayakan mengingat wilayah ini merupakan kawasan konservasi yang berfungsi melindungi sistem penyangga kehidupan, pengawetan dan tempat tinggal keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa. Akibat karhutla ini, beberapa tumbuhan dan satwa mulai terancam seperti Cemara Gunung, Pohon Manisrejo, Edelweis, Macan Tutul, Rusa, serta Elang Jawa.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video