​Resi Gudang Gabah di Tuban Bakal Dioptimalisasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Resi Gudang Gabah di Tuban Bakal Dioptimalisasi

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Suwandi
Jumat, 23 Maret 2018 21:47 WIB

Gudang penyimpanan gabah di Pakah, Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Resi gudang penyimpanan gabah yang berada di Pakah, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban bakal dioptimalisasi oleh Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag).

Optimalisasi itu dilakukan lantaran selama ini dinilai kurang maksimal pengelolaanya. Sedangkan, sejak beroperasi pada 2016 lalu Sistem Resi Gudang (SRG) peyimpanan gabah itu juga belum sepenuhnya menyerap gabah petani di Kabupaten Tuban.

"Selama ini memang kami lihat belum maksimal pengelolaannya, termasuk belum maksimal peyerapan gabah dari petani," ujar Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Tuban, Agus Wijaya saat meninjau Resi Gudang di Pakah itu.

Ke depan, Sistem Resi Gudang (SRG) Kabupaten Tuban bakal ditata ulang. Jika saat ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditangani oleh PT Pertani, maka SRG itu akan dilimpahkan oleh BUMD maupun koperasi tunjukkan pemda. Bahkan, jika perlu ditawarkan pada gapoktan.

"Sejak awal SRG ini dikelola oleh PT Pertani, dan sampai saat ini juga belum memberikan PAD pada pemda. Harapannya, jika nanti dikelola oleh BUMD atau koperasi maka dapat memberikan sumbangsih PAD," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pertanian tuban

Berita Terkait

Bangsaonline Video