Hadiri Panen Raya di Tuban, Gubernur Jatim Ajak Petani Milenial Tingkatkan Kualitas Produksi Padi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hadiri Panen Raya di Tuban, Gubernur Jatim Ajak Petani Milenial Tingkatkan Kualitas Produksi Padi

Editor: Rohman
Wartawan: Gunawan Wihandono
Rabu, 02 Februari 2022 00:53 WIB

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, ketika menghadiri Panen Raya Padi.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, , menghadiri padi dan pengukuhan Ronggolawe Tuban di , Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Selasa (1/2).

Dalam kesempatan ini, Khofifah mengatakan bahwa pembentukan petani milenial merupakan bentuk transformasi dari manual ke digital, yang mana para pelaku UMKM didominasi oleh kaum millenial pada tahun 2030 mendatang. Sedangkan, kaum milenial yang berkecimpung dalam sektor pertanian dapat menjadi petani modern yang berimbas peningkatan produksi.

"Panen raya di sini sangat penting, karena kita akan terus berupaya meningkatkan produktivitas dan kualitas. Kami menilai, tranformasi digital adalah sebuah kebutuhan yang seharusnya bisa dikonsumsi oleh masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menawarkan mesin pengering untuk para petani milenial di Tuban. Pasalnya, meski selama dua tahun terakhir Jatim menempati peringkat pertama dalam produktivitas padi, tapi kualitas yang dihasilkan masih bersandar medium.

"Kita tahu kalau produksi gabah kering giling kita tahun 2020 lalu dan tahun 2021 tertinggi, maka saya berharap produktivitas yang tinggi ini akan diikuti pula dengan kualitas yang tinggi," tuturnya.

Rendahnya kualitas produksi padi yang dihasilkan tak lepas masih banyaknya kadar air yang terkandung di dalamnya. Karena ketika digiling, tingkat kerusakan gabah menjadi tinggi dan kualitasnya hanya bisa bertahan di kualitas medium. Untuk itu, ketersediaan dryer di masing-masing gapoktan menjadi penting guna meningkatkan kualitas produksi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video