Polres Banyuwangi Tolak Izin Deklarasi #2019GantiPresiden, Ganti dengan Deklarasi Banyuwangi Damai

Polres Banyuwangi Tolak Izin Deklarasi #2019GantiPresiden, Ganti dengan Deklarasi Banyuwangi Damai Suasana mediasi di Polres Banyuwangi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Puluhan warga dan sejumlah kelompok aktivis menggelar aksi demo di depan Polres, gedung DPRD, dan Pengadilan Negeri (PN), Selasa (3/9/2019). Sambil long march, mereka menyuarakan penolakan deklarasi #2019GantiPresiden di kabupaten .

Melihat kejadian itu, Kapolres  AKBP Donny Adityawarman langsung turun tangan dengan mengundang kelompok gerakan #2019GantiPresiden dan kelompok penolak. Kedua kubu ini kemudian dikumpulkan di Aula Rupatama Wira Pratama Polres guna mediasi.

Turut hadir dalam mediasi ini Danlanal , Kesbanpo Wiyono, Ketua MUI M. Yamin, dan Ketua PCNU Gus Maki. Hasil dari mediasi yang disepakati bersama, bahwa Deklarasi #2019GantiPresiden di yang rencananya diselenggarakan Rabu (5/9/2018) tidak boleh dilaksanakan.

"Apabila tetap dilaksanakan Polres akan membubarkan deklarasi yang dilakukan," ujar Kapolres.

"Dengan melihat situasi dan kondisi yang terjadi saat ini rawan terjadi benturan. Maka dari itu pihak Polres belum bisa mengeluarkan izin deklarasi tersebut," kata Kapolres.

"Kedua kelompok juga sepakat untuk melakukan damai dan hari ini juga kami bersama Danlanal, Kesbangpol, tokoh agama juga bersama kedua kelompok langsung melakukan dan meresmikan deklarasi damai," pungkasnya. (gda/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO