Awas! BMKG Minta Masyarakat Jatim Waspadai Cuaca Ekstrem Selama Sepekan

Awas! BMKG Minta Masyarakat Jatim Waspadai Cuaca Ekstrem Selama Sepekan (dok. BMKG)

SURABAYA,BANGSAONLINE.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika () meminta masyarakat waspada terkait cuaca ekstrem yang berpotensi melanda beberapa wilayah .

memprediksi cuaca ekstrem pada 4 hingga 10 maret 2024. Termasuk di wilayah tapal kuda.

Prakirawan , Dita Purnamasari menjelaskan bahwa saat ini wilayah berada fase peralihan dan akhir musim hujan.

Di mana suhu muka laut di perairan yang hangat, pola pertemuan angin dan belokan angin di wilayah , serta di dukung dengan kondisi atmosfer yang labil dan lembab menyebabkan terbentuk awan-awan konvektif yang masifdi wilayah .

"Di wilayah Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Lumajang hujannya cukup merata pada siang, sore, dan malam hari dengan intensitas sedang hingga lebat," katanya, melansir RRI Senin(4/3/2024).

Dita menyebut masyarakat perlu untuk tetap waspada terhadap cuaca yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti disertai petir, banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, serta hujan.

juga mengimbau masyarakat yang berada di wilayah dengan topografi curam/bergunung/tebing diharapkan lebih waspada terhadap dampak yang dapat ditimbulkan akibat cuaca ekstrem.

Seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor jika wilayah tersebut terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat dengan durasi waktu yang panjang.

"Bagi yang sedang berkendara perlu diwaspadai jalan licin, pohon tumbang serta berkurangnya jarak pandang saat berlangsung. Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk selalu memantau kondisi cuaca terkini," tandasnya. (van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO